Berapa Insentif Prakerja 2024? Ini Besarannya, Lengkap dengan Cara Mencairkannya

Senin 16-09-2024,19:24 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Berapa insentif Prakerja 2024? Ini besarannya lengkap dengan cara mencairkannya.

Insentif Prakerja 2024 merupakan salah satu bentuk dukungan yang diberikan oleh pemerintah untuk membantu peserta program dalam meningkatkan keterampilan dan kesiapan kerja.

Program ini tidak hanya menyediakan pelatihan, akan tetapi juga memberikan insentif finansial kepada pesertanya. Di tahun 2024, insentif Prakerja terdiri dari dua jenis, yaitu insentif biaya mencari kerja dan insentif pengisian survei.

BACA JUGA:Pilu, Curhat Seorang Ibu yang Tak Diizinkan Atasan Pulang saat Anak Sakit hingga Meninggal, Warganet Geram

Besaran dan cara pencairan insentif ini telah dirancang untuk memberikan manfaat maksimal bagi peserta, dengan harapan dapat mendorong mereka untuk lebih aktif dalam mencari pekerjaan dan mengisi survei evaluasi yang tersedia.

Nah, jika kamu ingin mengetahui informasi tentang insentif kartu prakerja seperti besaran nominalnya dan cara mendapatkan serta cara mencairkannya. Berikut ini penjelasan lengkapnya!

Besaran Insentif Prakerja 2024

Insentif Prakerja 2024 terdiri dari dua bagian utama.

- Pertama, insentif biaya mencari kerja sebesar Rp600.000, yang diberikan satu kali kepada setiap peserta setelah menyelesaikan pelatihan.

BACA JUGA:Begini Tandanya Jika Kamu Adalah Penerima BBM Subsidi, Kamu Bakal Terima Notifikasi Seperti Ini dari Pertamina

- Kedua, insentif pengisian survei sebesar Rp50.000, yang diberikan sebanyak dua kali setelah peserta menyelesaikan survei evaluasi.

Total insentif yang dapat diterima peserta adalah Rp700.000.

Selain insentif ini, peserta juga menerima beasiswa pelatihan senilai Rp3,5 juta yang hanya dapat digunakan untuk mengikuti pelatihan yang ditawarkan dalam program dan tidak dapat diuangkan.

Jadi, total bantuan yang dapat diperoleh peserta mencapai Rp4,2 juta.

Insentif biaya mencari kerja dirancang untuk memberikan dukungan langsung kepada peserta saat mereka memasuki pasar kerja. 

Kategori :