Daftar Kejanggalan dan Dugaan Kecurangan oleh Wasit dalam Laga Aceh VS Sulteng

Selasa 17-09-2024,10:18 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Daftar kejanggalan dan dugaan kecurangan oleh wasit dalam laga-aceh-vs-sulteng.

wasit-eko-agus-sugiharto mendapatkan pukulan dari salah satu pemain sepak bola asal Sulawesi Tengah dalam pertandingan sepak bola antara kesebelasan Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Aceh pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.

Imbas dari pukulan tersebut, Eko Agus Sugiharto akhirnya dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan mendapatkan perawatan medis di rumah.

Menilik kronologi aksi pemukulan tersebut, pertemuan Aceh vs Sulteng di perempat final sejatinya dimulai tanpa masalah. Sulawesi Tengah sanggup menciptakan keunggulan atas tuan rumah PON pada menit ke-24, yang coba disejajarkan oleh Aceh.

BACA JUGA:Wasit Laga Aceh Vs Sulteng Ketar-ketir, Ada Kecurigaan Pengaturan Skor, PSSI Langsung Bertindak

Akan tetapi, tekanan dalam pertandingan mulai meningkat mendekati akhir babak pertama. Laga sampai terhenti sekitar menit 38, menyusul adanya aksi pelemparan botol dari area tribun penonton.

Para pemain di bench sempat terpancing, sehingga situasi menjadi kurang kondusif. Namun, pertandingan pada akhirnya berlanjut lagi setelah kondisi membaik.

Barulah memasuki babak kedua, sejumlah kontroversi menyelimuti jalannya pertandingan. Bermula dari menit 74, wasit Eko memaksa salah satu pemain Sulawesi Tengah, Wahyu Alman, keluar lebih dulu dengan memberikan kartu kuning kedua.

BACA JUGA:Profil Eko Agus Sugiharto, Wasit Kontroversi yang Dipukul Pemain saat Laga di PON XXI Aceh-Sumut

Wahyu dicap mengangkat kaki terlalu tinggi saat membuang bola, sehingga hampir mengenai kepala pemain Aceh. Tak sampai di situ, pemimpin pertandingan kembali memberikan kartu merah kepada pemain Sulteng lain Muhammad Akbar di menit 85. 

Dia dianggap melanggar penggawa Aceh, dengan keputusan ini langsung menuai protes dari Sulteng.

Detik-Detik Pemukulan Wasit oleh Pemain Sulteng

Puncak kontroversi terjadi di babak kedua. Wasit Eko kala itu memberi injury time selama 13 menit pada akhir pertandingan waktu normal.

Di menit 97, sang pemimpin laga menghadiahkan penalti kepada Aceh. Hal itu lantaran salah satu pemain tuan rumah PON dilanggar di dalam kotak penalti. Tim Sulteng akhirnya tak mampu lagi menahan amarah.

BACA JUGA:Penasaran Berapa Gaji Wasit Sepak Bola FIFA Sebagai Induk Organisasi Sepak Bola Internasional

Kategori :