Daftar Kejanggalan dan Dugaan Kecurangan oleh Wasit dalam Laga Aceh VS Sulteng

Selasa 17-09-2024,10:18 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : ahmad afandi

Puncaknya ketika Eko menghadiahi tuan rumah penalti kontroversi pada menit 90+6. Keputusan itu membuat wasit Eko dipukul oleh seorang pemain Sulteng saat akan menunjuk titik putih.

3. Penunjukan Wasit Eko di Laga Aceh Vs Sulteng Janggal

Sebuah kejanggalan diungkap tim sepakbola putra Sulawesi Tengah (Sulteng). Manajer tim sepakbola PON Sulteng, Susik menyebut seharusnya laga Aceh vs Sulteng dipimpin oleh wasit Achmad Hafid Hilmi.

Hal itu berdasarkan line up yang diberikan kepada tim Sulteng di ruang ganti lima menit menjelang kick off babak pertama. Namun, malah wasit asal Sumatera Selatan (Sumsel) Eko Agus Sugih Harto yang memimpin pertandingan tersebut.

BACA JUGA:Perbandingan Gaji Wasit Sepakbola Indonesia dan Eropa, Mana yang Lebih Besar?

Identitas wasit Eko baru diketahui setelah pertandingan tersebut selesai.

"Kami gak mengetahui mukanya Achmad ini yang mana, Eko ini mana. Ketahuannya itu di media, malam ribut ini rupanya namanya Eko," kata Susik, Minggu (15/9/2024).

Susik menjelaskan, pihaknya baru diberikan line up dengan nama wasit Eko Agus pagi tadi. Dia mengaku tidak mengetahui pergantian wasit tersebut karena tidak mengenali wajah keduanya.

Menurutnya, ada aturan yang mengatur soal pergantian wasit di pertandingan. Dia mencontohkan, wasit utama sakit perut mendadak di tengah lapangan sehingga diganti oleh wasit pengganti.

"Penggantinya harus masuk line up. Gak boleh ganti itu tidak masuk line up. Itu kesalahan fatal," jelasnya.

Nama Achmad Hilmi dan Eko Agus tidak tertera dalam satu line up. Setelah pertandingan, beredar dua line up dengan dua wasit.

Susik menjelaskan, pihaknya akan melaporkan pergantian wasit mendadak tersebut ke PSSI. "Kami akan memberikan informasi ini ke PSSI pusat," sebutnya.

BACA JUGA:Kontroversi Wasit VAR Asal Thailand, Yuk Ketahui Lebih Jauh Mengenai VAR yang Digunakan dalam Sepak Bola

Itulah daftar beberapa kejanggalan dan dugaan kecurangan dalam laga Aceh VS Sulteng pada PON XXI 2024.

 

Putri Nurhidayati

Kategori :