Terungkap, Ternyata Segini Gaji Pemain Naturalisasi Calvin Verdonk, Nominalnya Fantastis

Rabu 18-09-2024,09:28 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Calvin Verdonk mulai mengenal sepak bola sejak usia 7 tahun. Saat itu, dia menimba ilmu di klub asal kota kelahirannya, SC Amstelwijck dan VV Wieldrecht. Setelah itu, dia melanjutkan kariernya dengan bergabung ke akademi Feyenoord.

BACA JUGA:Daftar Jadi KPPS Pilkada 2024, Wajib Pahami Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Pemungutan Suara

Calvin Verdonk merupakan pemain jebolan akademi Feyenoord yang mulai memperkuat skuad di level Youth, U-17, dan U-19. Pada 2015, Verdonk resmi dipanggil untuk memperkuat skuad senior Feyenoord.

Sayangnya, Verdonk lebih sering dipinjamkan ke klub-klub lain selama berkarier di Feyenoord.
Pada 2016, Verdonk dipinjamkan ke klub Liga Belanda lainnya, PEC Zwolle selama semusim. Setelah kembali ke Feyenoord, dia dipinjamkan lagi ke NEC Nijmegen selama semusim pada 2017.

Begitu juga musim depannya, Verdonk dipinjamkan ke Twente FC setelah kembali dari NEC Nijmegen. Lalu pada 2020, Calvin Verdonk resmi dilepas Feyenoord dengan status bebas transfer ke klub Liga Portugal, Famalicao.

BACA JUGA:Daftar KPPS Pilkada 2024, Pahami Tugas, Wewenang, dan Kewajiban KPPS Pilkada 2024

Semusim di Portugal, Verdonk kembali dipinjamkan ke NEC Nijmegen pada 2021. Merasa lebih cocok dengan sepak bola Belanda, Verdonk pun akhirnya resmi dikontrak secara permanen oleh NEC Nijmegen setelah masa pinjamannya berakhir. Dia bergabung dengan NEC Nijmegen pada Juli 2022 hingga saat ini.                                 

Calvin Verdonk biasanya bermain sebagai bek kiri dalam skuad. Namun, dia juga bisa bermain sebagai bek tengah hingga gelandang bertahan.

Kehadirannya tentu bisa makin memperkuat pos kiri timnas Indonesia yang biasanya diisi oleh Arhan Pratama, Nathan Tjoe-A-On, Shayne Pattynama, ataupun Edo Febriansah.Verdonk juga dikenal memiliki spesialisasi freekick yang bisa diandalkan.

BACA JUGA:Daftar KPPS Bukan ke Kantor KPU, Ini Syarat dan Berkas Pendaftaran KPPS Pilkada 2024

Sebagai bek, dia memiliki naluri mencetak gol yang cukup baik. Jika ditotal, Calvin Verdonk mengemas 13 gol dan 14 assist dari 257 penampilan sepanjang karier klub profesionalnya.

Sedangkan di level internasional, Calvin Verdonk sudah mencicipi skuad Belanda di semua level usia. Mulai dari Belanda U-15 hingga U-21. Secara total, dia telah mengemas 50 caps dan 4 gol.

Suntuk informasi, sebenarnya Calvin Verdonk sudah masuk dalam daftar program naturalisasi PSSI sejak beberapa tahun lalu. Pada 2019, namanya mencuat setelah dia dikenal sebagai bintang muda yang memperkuat klub besar Belanda, Feyenoord.

BACA JUGA:Segini Besaran Gaji KPPS Pilkada 2024, Kapan Mulai Bekerja dan Berapa Lama Masa Kerjanya?

Saat itu, sudah banyak warganet di media sosial yang meminta Verdonk untuk segera menjadi WNI dan membela timnas Indonesia.

Calvin Verdonk resmi menyelesaikan proses naturalisasi setelah mengambil sumpah sebagai WNI pada Selasa (4/6/2024) malam.

Kategori :