Bacaan Niat Puasa Nabi Musa Lengkap dengan Tata Cara dan Hikmahnya, Umat Muslim Bisa Amalkan

Rabu 18-09-2024,09:54 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bacaan niat puasa Nabi Musa lengkap dengan tata cara dan hikmahnya, umat muslim bisa amalkan.

Dari berbagai banyak amalan yang dicintai oleh Allah SWT ibadah puasa menjadi salah satunya, dalam bahasa Arab diartikan sebagai sahum yang berarti mencegah atau menahan.

BACA JUGA:Tugas KPPS Pilkada 2024 Tidak Sepele, Ini Tips Sehat dari Kemenkes Bagi Petugas KPPS

Secara umum, puasa artinya menahan diri dari makan dan minum juga segala perbuatan yang dapat membatalkan puasa, yang dilakukan mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Dalam memaknai ibadah puasa, bahwasanya eksistensinya tidak hanya sekadar menahan makan dan minum, tetapi ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan, yakni menahan nafsu dalam keburukan, seperti perilaku, perkataan juga perbuatan yang sifatnya memberikan dampak buruk.

Namun, puasa juga dapat dimaknai sebagai benteng untuk diri-sendiri dari godaan-godaan yang akan menghadang.

BACA JUGA:Terungkap, Ternyata Segini Gaji Pemain Naturalisasi Calvin Verdonk, Nominalnya Fantastis

Sementara itu, dengan adanya macam-macam ibadah puasa yang dilakukan para nabi, bahwasanya ibadah puasa ini tidak hanya dilakukan oleh umat Nabi Muhammad Saw. Tetapi, ibadah puasa juga dilakukan Nabi Musa.

Puasa Nabi Musa

Nabi Musa merupakan seorang nabi yang dijuluki sebagai kalimullah yang memiliki arti orang yang diajak berbicara oleh Allah SWT.

Dalam hal ritual ibadah puasa, beliau melakukan puasa selama 40 hari. Hal ini berawal ketika nabi Musa di Gunung Sinai selama 40 hari 40 malam atas perintah Allah SWT.

Saat itu, beliau tidak makan roti bahkan tidak minum sedikit pun. Nabi Musa juga bertapa melampui batas normal manusia.

BACA JUGA:ASN Boleh Ikut Daftar KPPS Pilkada 2024, Begini Aturan Mainnya

Ketika beliau telah selesai melakukan bertapa tersebut, beliau turun dari Gunung Sinai. Dan betapa mengejutnya, wajah beliau keluar cahaya yang begitu terang, tampak berbinar sehingga orang-orang terkesima saat melihatnya. Hal ini yang menjadi keajaiban yang terjadi oleh nabi Musa.

Ritual ibadah puasa 40 hari 40 malam ini, kemudian diteruskan oleh bangsa Yahudi. Mereka memiliki keyakinan bahwasanya puasa tersebut dapat memberikan jalan agar segala yang diinginkan tercapai. Bukan hanya itu, puasa ini juga dipercaya bisa menolak bahaya atas bencana yang menimpa.

Kategori :