Waw! Ternyata Pemain Naturalisasi dari Belanda Ivar Jenner Gajinya Dua Digit per Minggu

Rabu 18-09-2024,09:56 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Sedangkan ibu Ivar Jenner adalah warga negara Belanda. Oleh karena itu, Ivar Jenner hanya mempunyai seperempat darah Indonesia dari pihak ayahnya.

Ivar Jenner pernah belajar di Akademi Ajax Amsterdam ketika Jenner masih kecil. Lalu saat berusia 12 tahun, Ivar Jenner memilih untuk bergabung ke tim kota kelahirannya, yakni FC Utrecht.

Perjalanan Ivar Jenner di Utrecht cukup mengesankan. Ivar Jenner belajar di level akademi, kemudian naik kelas ke beberapa tim kelompok usia, dan berhasil bergabung dalam tim satelit FC Utrecht, Jong Utrecht. 

Jong Utrecht merupakan sebuah tim profesional yang berkompetisi di Divisi 2 Liga Belanda atau Eerste Divisie. Kemampuan yang dimiliki oleh Ivar Jenner akhirnya dilirik oleh Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia. 

BACA JUGA:Daftar Jadi KPPS Pilkada 2024, Wajib Pahami Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Pemungutan Suara

Ivar Jenner bermain pertama kali untuk Timnas Indonesia pada tanggal 14 Juni 2023 ketika menghadapi Palestina di laga persahabatan. Kemudian Ivar Jenner telah berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar pada Piala Asia 2023.

Berdasarkan laman resmi kemenpora.go.id, Ivar Jenner resmi mendapat kewarganegaraan Indonesia Pada tanggal 22 Mei 2023 lalu. 

Ivar Jenner menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta. Ivar Jenner mengikuti setiap proses serta mengucap sumpah dan janji setia menjadi WNI.

Meskipun hal tersebut merupakan perubahan status resmi yang relatif baru, Ivan Jenner sudah menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-20 untuk mewakili Indonesia dalam Piala Asia AFC 2023 dan Piala Dunia U-20 FIFA 2023.

BACA JUGA:KPPS Pilkada 2024, Yuk Bandingkan Gajinya dengan KPPS Pemilu 2024, Mana yang Lebih Besar?

Perjalanan Karier Ivar Jenner

Berikut adalah perjalanan karir Ivar Jenner sebagai pemain sepak bola. Pada tahun 2008, Ivar Jenner memulai langkah pertamanya sebagai pemain sepak bola di IJCF (IJsselsteinse FC).

IJsselsteinse FC merupakan sebuah klub junior yang diikuti oleh Ivar Jenner untuk mengasah kemampuan yang dimilikinya.

Setelah beberapa tahunbergabung bersama IJsselsteinse FC, bakat yang dimiliki Ivar Jenner berhasil menarik perhatian akademi sepak bola Ajax Amsterdam pada tahun 2014. 

Kemudian Ivar Jenner bergabung dengan salah satu klub terkenal di Belanda dan berhasil membuka perkembangan karir sepak bolanya.

Akan tetapi, panggilan budaya dan keturunan Indonesia yang ada dalam diri Ivar Jenner, membawanya kembali ke kampung halaman. Pada tahun 2016, Ivar Jenner memutuskan untuk memperkuat tim junior FC Utrecht. 

Kategori :