Jangan Asal Pakai, Ini 5 Tips Aman Menggunakan Wifi Publik

Kamis 19-09-2024,13:32 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

5. Manfaatkan Aplikasi Virtual Private Network

Tips menggunakan Wifi publik yang aman berikutnya adalah memanfaatkan aplikasi solusi keamanan, termasuk Virtual Private Network atau VPN.

Salah satu cara untuk menyiasati penggunaan Wifi publik yang aman adalah melengkapinya dengan aplikasi yang dapat melindungi privasi kamu. Aplikasi VPN memiliki fungsi khusus untuk melindungi data privasi penggunanya dengan melakukan enkripsi data sebelum mengirimkannya ke router Wifi.

Penggunaan aplikasi VPN dapat memastikan data privasi yang dikirimkan ke router Wifi menjadi tersembunyi dan lebih aman. Dengan mengaktifkan VPN, kamu bisa meminimalisir risiko keamanan internet dari penggunaan Wifi publik.

BACA JUGA:Pegawai Ini Kaget Dapat Transferan Uang Pensiunan Rp 7,8 M! Sementara Saldo Rekannya hanya Rp 95 Ribu

Namun, kamu juga perlu memastikan bahwa aplikasi VPN yang digunakan terjamin aman sehingga tidak akan menyimpan dan menjual data para penggunanya.

Itu dia sejumlah tips menggunakan Wifi publik yang aman untuk menghindari peretasan dan pencurian data terhadap perangkat smartphone maupun laptop kamu.

Dengan menggunakan fasilitas Wifi publik secara hati-hati, kamu bisa meningkatkan keamanan data pribadi kamu dari tindakan kejahatan siber.

BACA JUGA:Tega Sekali, Bayi Laki-laki Dibuang di Rumah Kosong, Ditemukan Pencari Barang Bekas

Bahaya Penggunaan WiFi Publik

Sebagai informasi, tambahan berikut bahaya WiFi publik yang harus dihindari jika asal digunakan:

1. Malware

Malware adalah salah satu risiko utama yang sering muncul pada wifi gratis.

Perangkat atau ponsel apa pun yang terhubung ke wifi sangat rentan terhadap intrusi malware, yang berisiko. Malware Hal ini menyebabkan pencurian data dan terkadang merusak sistem operasi ponsel.

2. Man in The Middle Attack (MitM)

MitM merupakan serangan yang bekerja dengan cara menyusup di tengah “percakapan” antara korban dan server yang dituju.

Kategori :