11 Oleh-oleh Khas Bengkulu yang Paling Populer, Wajib Dibeli!

Rabu 25-09-2024,13:11 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Salah satu rekomendasi oleh oleh khas Bengkulu selanjutnya kue Bay Tat atau biasa dikenal dengan pienya orang Bengkulu.

Kue Bay tat dahulunya disajikan untuk para raja dan bangsawan. Tapi kini semua masyrakat bisa merasakan lezatnya kue bay tat. Dan biasanya disajikan di hari besar keagamaan, kue yang bentuknya mirip pie ini disajikan untuk para tamu.

Kue khas Bengkulu ini terbuat dari adonan tepung kemudian dalamnya diisi dengan selai nanas. Rasanya manis, asam, gurih dengan tekstur yang empuk. Kue Bay tat sangat mudah ditemukan di toko oleh oleh di Bengkulu.

4. Kerupuk Gurita

Jika selama ini Gurita identik dengan hidangan bakar atau tumis, di tangan kreatif masyrakat Bengkulu gurita dijadikan kerupuk.

Bengkulu memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil ikan, jadi tak heran jika ikan diolah menjadi berbagai macam kudapan yang yang enak dan lezat.

Kerupuk gurita sangat mudah ditemukan di toko oleh oleh di di Bengkulu. Ada dua varian rasa yakni pedas dan rasa gurih. Dua duanya patut dicoba.

BACA JUGA:Jak Tigau Calon Bupati Bengkulu Selatan Tahun 2024 Ni, Siapau Calon yang Paling Kayau?

5. Batik Besurek

Batik memang dikenal di hampir seluruh wilayah Indonesia. Sejarah batik di Indonesia memang beragam, semua bisa dilihat dari berbagai macam corak batik, salah satunya Batik Besurek.

Motif batik Bengkulu beragam mulai dari motif kaligrafi, motif rembulan dan masih banyak motif lainnya
Motif batik Bengkulu yang terkenal adalah motif arab gundul karena memiliki motif seperti huruf arab tapi tanpa arti tulisan yang jelas. Menurut sejarah, motif batik ini dipengaruhi kedatangan pedagang dari India dan Arab ke  tanah air.

Pembuatan batik di Bengkulu masih dilakukan secara tradisional. Masih dengan cara canting atau teknik batik tulis.

6. Kerajinan Kulit Lantung

Ketrampilan setiap daerah menciptakan karya seni tersendiri, di Bengkulu terdapat kerajinan Kulit Lantung. Kerajinan ini terbuat dari kulit pohon yang ditipiskan atau dilentungkan.

Kulit yang tipis dan kering kemudian dikreasikan menjadi berbagai kerajinan seperti tas, keranjang, topi, besek dan masih banyak kerajinan lainnya.

BACA JUGA:Pernikahan Viral, Banjir-banjir Tetap Digas! Tamu Santai Menikmati Hidangan yang Disuguhkan

7. Lempuk durian

Oleh oleh khas Bengkulu yang satu ini memang menjadi incaran wisatawan lokal. Sebagai daerah penghasil durian, saat panen tiba durian sangat melimpah hingga dijadikan berbagai macam hidangan salah satunya lempuk durian.

Pecinta durian pasti menyukai rasanya. Meski diolah dalam bentuk dengan tekstur mirip dodol, rasa durian masih terasa. Rasa manis yang pas membuat siapa saja menyukainya.

8. Lemang Tapai

Lemang tapai terbuat dai beras ketan yang kemudian dicampur dengan santan dan garam. Campuran dari ketiga adonan tersebut di masak ke dalam bambu yang sudah dilapisi daun pisang. Bambu dibuat masak biasanya berukuran sekitar 40 CM. Bambu selanjutnya dibakar.

Kategori :