11 Oleh-oleh Khas Bengkulu yang Paling Populer, Wajib Dibeli!

Rabu 25-09-2024,13:11 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Ketika proses pembakaran aromanya sungguh menggoda selera. Ketika matang lemang kemudian dikeluarkan dari bambu. Aroma daun dan bambu membuat siapa saja perutnya langsung lapar.

Lemang yang sudah matang kemudian dipotong potong dan disajikan dengan tapai ketan. Perpaduan rasa gurih dari lemang beserta manis asamnya tapai ketan membuat lidah nggak berhenti ngunyah.

Harga seporsi lemang ketan Rp 100.000. karena bahannya yang nggak tahan lama, jadi tidak disarankan untuk dibawa sebagai oleh oleh jika rumah kamu sedikit jauh dari wilayah Bengkulu.

BACA JUGA:Pernikahan Viral, Banjir-banjir Tetap Digas! Tamu Santai Menikmati Hidangan yang Disuguhkan

9. Kue Perut punai

Disebut demikian karena kue oleh oleh khas Bengkulu ini bentuknya mirip dengan perut burung Punai. Bentuknya melingkar dan melilit-lilit. Kue tradisional Bengkulu terbuat dari beras, tepung, gula dan garam.

10. Manisan terong

Terong biasanya identik dengan makanan berat, biasanya dimasak dijadikan kuah santan pedas atau di penyet bersama tempe goreng. Tapi d itangan masyarakat Bengkulu, terong dijadikan manisan.

Cara membuatnya cukup mudah, terong diiris iris kemudian dimasak dengan gula yang masak. Masak hingga semua bagian terong menyerap semua gula.

Rasanya tentu saja manis, mirip seperti kurma. Teksturnya kental. Camilan khas Bengkulu ini cocok dinikmati oleh anak anak hingga dewasa.

Cukup banyak toko oleh oleh yang menjual manisan terong. Satu kemasan manisan terong dihargai Rp 10.000 saja. Manisan ini tahan hingga berminggu minggu. Jadi aman untuk kamu bawa ke luar kota.

BACA JUGA:10 Makanan Khas Bengkulu yang Wajib Dicoba saat Berkunjung, Dijamin Bikin Nagih!

11. Emping Bengkulu

Emping camilan berbentuk pipih dengan tekstur renyah ini terbuat dari buah melinjo. Emping biasanya dibuat sebagai camilan hari raya. Sebagai penghasil melinjo, emping dibuat langsung oleh penduduk Bengkulu.
Karena proses pembuatan sedikit rumit dan membutuhkan waktu yang cukup alam jadinya emping dijual sedikit lebih mahal. Meski harganya cukup mahal tapi semua sepadan dengan rasanya yang khas enak, gurih dan renyah.

Sebagai informasi, berburu oleh-oleh khas Bengkulu bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan! Maka berikut beberapa tips yang bisa kamu pahami:

Tips Berburu Oleh-oleh Khas Bengkulu

1. Rencanakan Rute

Tentukan toko atau pasar yang ingin kamu kunjungi. Beberapa tempat populer di Bengkulu untuk berburu oleh-oleh adalah Pasar Minggu dan Pasar Panorama.

2. Siapkan Uang Tunai

Kategori :