Sering Keliru, Ini Perbedaan Seserahan, Hantaran dan Mas Kawin

Kamis 26-09-2024,11:24 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Umumnya, dalam Adat Jawa, seserahan biasa diserahkan pada acara midodareni. Namun, ada juga seserahan yang diberikan sekaligus saat hari pernikahan, jadi tergantung dari tradisi adat masing-masing, dan keputusan calon pasangan pengantin.

Jika diartikan dalam bahasa Jawa, seserahan memiliki arti peningset, yang bermakna secara harfiah adalah pengikat.

Jadi, seserahan bisa disebut sebagai tanda pengikat hati, antara kedua pihak keluarga. Jadi, nanti juga ada akan momen pemberian peningset ini, seperti serah terima tanda pengikatnya.

Meski dari berbagai tradisi memiliki beberapa perbedaan pemberian, waktu, hingga isinya, namun secara umum, seserahan memiliki makna dan intinya sama.

BACA JUGA:5 Pilihan Merek Sepeda Lipat Terbaik 2024, Praktis dan Nyaman untuk Gowes

2. Hantaran

Hantaran pernikahan adalah buah tangan yang dibawa oleh pihak calon mempelai pria untuk diberikan kepada pihak calon mempelai wanita, begitupun sebaliknya.  

Oleh karena itu, banyak juga orang yang menyebutnya sebagai pengetuk pintu. Sebab, hantaran ini dibawa sebagai oleh-oleh untuk mempererat hubungan silaturahmi kedua belah pihak. Tak jarang pula, kedua belah pihak saling tukar-menukar hantaran pernikahan ketika saling bertemu.

Untuk isi hantaran, biasanya terdiri dari berbagai macam ransuman atau makanan. Sebagai contoh, kue-kue tradisional, buah-buahan, ataupun bahan-bahan pokok seperti beras, gula, minyak, dan sebagainya.

BACA JUGA:Renggut Paksa 'Mahkota Kegadisan' Kembang Desa, Sang 'Kumbang' Meringkuk Di Penjara

Khusus hantaran pernikahan adat Jawa, biasanya terdiri dari kue-kue tradisional seperti kue jadah, wajik, lemper dan aneka jajanan pasar. Tak lupa pula pisang emas sebagai pelengkap.

Di toko-toko kue, kadang dijual pula sepaket nampan berisi aneka kue hantaran tradisional maupun kue basah untuk hantaran pernikahan Jawa.

Selain kue-kue tradisional, kue hantaran pernikahan modern pun dapat kamu pilih sebagai buah tangan ketika prosesi lamaran. Kue-kue modern tersebut contohnya, kue tart, cupcakes, cheesecake, puding,  bolu gulung, dan lain sebagainya.

Agar tampilannya lebih cantik dan terkesan modern, gunakan kotak hantaran yang sudah dihias sedemikian rupa dengan pita atau bunga. Untuk waktu pemberian hantaran, bisa diberikan dalam rangkaian prosesi pernikahan atau lamaran.

BACA JUGA:Bye-bye Tupperware! Ini Produksi yang jadi Kenangan Terakhir Mereka Sebelum Bangkrut

3. Mas Kawin

Mas kawin merupakan sejumlah harta yang diberikan oleh pihak pria kepada pihak wanita sebagai salah satu syarat sahnya pernikahan dalam agama Islam. Hal ini berdasarkan hukum Islam yang mewajibkan pemberian mas kawin kepada calon istri.

Fungsi dilihat dari fungsinya, mas kawin itu adalah bentuk tanggung jawab dari pihak pria serta sebagai bentuk penghormatan kepada pihak wanita.

Kategori :