Sering Keliru, Ini Perbedaan Seserahan, Hantaran dan Mas Kawin

Kamis 26-09-2024,11:24 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

Selain itu, mas kawin juga dianggap sebagai simbol perlindungan dan kasih sayang pria kepada wanita dalam menjalani bahtera rumah tangga.

BACA JUGA:Heboh, Sejumlah Siswa SMP Dihukum Tidur di Selokan, Gegera Lakukan Aksi Ini...

Lalu, dari seserahan, hantaran, dan mas kawin mana yang wajib diberikan?

Dalam konteks pernikahan, ada beberapa istilah yang sering digunakan, yaitu seserahan, hantaran, dan mas kawin (mahar). Masing-masing memiliki makna dan tingkat kewajiban yang berbeda.

Dari penjelasan pengertian ketiganya diatas, dapat disimpulkan bawah yang paling wajib diberikan adalah mas kawin (mahar), sedangkan seserahan dan hantaran lebih bersifat tradisi dan adat yang bisa disesuaikan dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Nah, itu dia penjelasan mengenai perbedaan seserahan, hantaran dan mas kawin. Meski begitu, penjelasan ini adalah bersifat umum, sehingga hal ini memang belum menjadi kesepakatan umum.

BACA JUGA:5 Pilihan Merek Sepeda Lipat Terbaik 2024, Praktis dan Nyaman untuk Gowes

Jadi, masih banyak beberapa daerah yang menyebut seserahan sama dengan hantaran, jadi disatukan.

Namun, memang dari ketiga hal tersebut memang nggak ada ketentuan-ketentuan, yang saklek dan harus dipatuhi oleh setiap calon pengantin kok

Jadi, terkait seserahan, hantaran dan mas kawin itu bisa dibicarakan bersama, oleh calon pengantin, keluarga dan disesuaikan juga dengan adat budaya, adat keluarga, tradisi atau tata cara masing-masing daerahnya.

Nah, bagaimana? Setelah mengetahui adanya seserahan, hantaran dan mas kawin, dalam sebuah pernikahan, apa kamu akan merasa kerepotan?

Mungkin, untuk para calon pengantin yang sibuk bekerja, mengurus hantaran, seserahan, dan mahar memang akan sedikit merepotkan.

BACA JUGA:Nyata, Ini 9 Aplikasi Penghasil Uang Tanpa Undang Teman, Yuk Coba Sekarang

Tapi tidak khawatir, karena kini sudah banyak jasa dekorasi hantaran, seserahan, hingga mahar. Jadi, calon pengantin, hanya tinggal memberikan barang-barangnya saja, nanti para pendekor akan mengemas dan menghias, sampai jadi, rapi, dan cantik.

Jasa pendekor seserahan, hantaran, dan mahar, juga sudah banyak. Kamu, bisa menemukannya di media sosial hingga toko online.

Jasa bingkisan seserahannya pun beragam, mulai dari yang murah, menengah, hingga yang glamour. Jadi kamu tinggal pilih deh, dan tinggal tunggu saja di rumah.

Kategori :