Selain Bekerja dan Berusaha! Rutinkan 5 Doa Ini untuk Melunasi Utang

Jumat 27-09-2024,17:52 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Selain bekerja dan berusaha! rutinkan 5 doa ini untuk melunasi utang.

Berutang diperbolehkan dalam Islam, namun harus disertai niat untuk melunasinya di masa depan. Utang merupakan kewajiban yang harus dipenuhi.

 Seorang Muslim yang baik tentunya akan berupaya untuk melunasi utangnya. Selain melalui kerja keras, ada doa-doa yang bisa dipanjatkan untuk memudahkan proses pelunasan utang.

BACA JUGA:Viral! Ramai Pengendara Motor Terjebak Macet Mengekori Belakang Bus Transjakarta yang Mogok

Dari segi hukum, utang adalah kewajiban yang harus ditepati. Tidak melunasi utang dapat mengakibatkan tuntutan hukum. Sedangkan dalam ajaran agama, mereka yang berutang dan tidak melunasinya akan menghadapi konsekuensi di akhirat. 

Sebagaimana sabda Rasulullah Saw dalam sebuah hadis yang berbunyi, "Jiwa (roh) orang mukmin itu tergantung oleh utangnya sampai utangnya itu dilunasi". (H.R. Ahmad no. 10599, Ibnu Majah no. 2413, dan Tirmidzi no. 1078, 1079. Hadis ini dinilai shahih oleh Syekh Al-Albani.) 

BACA JUGA:4 Doa Minta Kesembuhan ketika Sakit untuk Diri Sendiri, Baik Penyakit Berat Maupun Ringan

"Siapa saja yang berutang lalu berniat tidak mau melunasinya, maka dia akan bertemu Allah [pada Hari Kiamat] dalam status sebagai pencuri," (H.R. Ibnu Majah).

Berikut ini beberapa doa pelunas hutang:

1. Doa Meminta Terbebas dari Hutang

Doa yang pertama ini merupakan doa pelunas hutang agar cepat terlunasi sehingga bisa hidup bebas dari hutang agar lebih tenang. Berikut ini bunyinya:

سُبْحَانَ الْمُنَفِّسِ عَنْ كُلِّ مَدْيُوْنٍ. سُبحَانَ الْمُفَرِّجِ عَنْ كُلِّ مَحْزُوْنٍ. سُبْحَانَ الَّذِي جَعَلَ خَزَائِنَهُ بَيْنَ الْكَافِ وَالنُّوْنِ. سُبْحَانَ الَّذِي إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُوْلَ لَهُ كُنْ فَيَكُوْنُ

Arab latin:“Subhaanal munaffisi ‘an kulli madyuun. Subhanal mufarriji ‘an kulii mahzuun. Subhanalladzi ja’ala khozaainahu bainal kaafi wannuun. Subhaanalladzi idzaa arooda syai-an ayyaquula lahu kun fayakuun.”

BACA JUGA:Viral, Curhatan Seorang MUA Habis Merias Pengantin Bukannya Terima Upah Malah Terima Pukulan

Artinya: “Maha Suci Engkau yang memberi nafas untuk orang yang memiliki hutang. Maha Suci Engkau yang membuka kesusahan orang yang susah. Maha Suci Engkau yang menjadikan gudangnya di antara Kaf dan Nun. Maha Suci Engkau yang jika berkehendak maka tinggal mengatakan “jadilah” maka akan jadi.”

2. Doa Saat Sulit Membayar Hutang

Saat kita memiliki hutang ada saja kondisi yang menyulitkan. Di saat seperti ini, kita bisa membaca doa di bawah ini:

Kategori :