Sah Jadi WNI, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Siap Bela Timnas Indonesia, Ini Kata Erick Thohir

Senin 30-09-2024,21:58 WIB
Reporter : Septi Widiyarti
Editor : Purnama Sakti

JAKARTA, RBTVCAMKOHA.COM - Dua pemain sepak bola keturunan, yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah resmi melakukan pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Brussel, Belgia pada Senin, (30/9). 

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengapresiasi setinggi-tingginya usaha semua pihak, mulai dari Presiden Joko Widodo, DPR, jajaran Kemenkumham, dan Kementerian Dalam Negeri.

BACA JUGA:Vietnam Gagal Lolos Piala Asia U-20 2025 Hingga Alami Kerugian Besar, Timnas Indo Dituduh Jadi Peyebab

Dengan begitu, proses naturalisasi kedua pemain tersebut berjalan cepat. Bukan tanpa alasan, hal itu dilakukan agar Mees dan Eliano bisa segera didaftarkan untuk pertandingan Timnas Indonesia melawan Bahrain dan Cina dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga pada Oktober.


Hilgers dan Reijnders Resmi Jadi WNI--

Menurut Erick, percepatan pengurusan WNI terhadap Mees dan Eliano di luar negeri bukan hal yang spesial, namun lebih pada fleksibilitas mengingat waktu dan kebutuhan Timnas Indonesia jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Saya berterima kasih kepada semua pihak, mulai dari Presiden Jokowi, Komisi III dan VI DPR, Dirjen AHU dan Dirjen Imigrasi, serta Dukcapil DKI Jakarta yang memungkinkan percepatan sumpah WNI dua pemain naturalisasi kita, Mees dan Eliano," katanya.

"Mengapa harus dilakukan di Brussel? Karena kedua pemain itu tidak punya jeda waktu jika pengambilan sumpah harus di Indonesia, sementara kami berharap keduanya sudah bisa bermain saat Timnas berlaga melawan Bahrain dan Cina, Oktober nanti. Ini kerjasama semua pihak, dan saya bangga karena semua bekerja demi Indonesia," terangnya. 

BACA JUGA:Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi HP iPhone Disadap, Kenali Ciri-cirinya

Perlus diketahui, sepekan sebelumnya, PSSI bergerak cepat mengurus proses naturalisasi kedua pemain itu.

Nah, setelah Komisi III dan VI DPR melakukan pembahasan dan langsung mengesahkan persetujuan pada Kamis, 26 September, Ketua Umum PSSI menggelar pertemuan dengan Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas.

Sehingga, mereka membahasan soal pengambilan sumpah WNI di luar negeri, hingga penerbitan Keputusan Presiden yang berujung pada pengambilan sumpah Mees dan Eliano sebagai warga negara Indonesia.

BACA JUGA:Bocoran Drawing Piala Asia U20 2025, Timnas Indonesia Berpotensi Ada di Grup Berat

Perwakilan dari Kemenkumham Dirjen AHU (Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum) Cahyo Rahadian Muzhar turut hadir dalam proses pengambilan sumpah WNI.

Bahkan, Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi, serta anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, juga ikut menyaksikan.

Kategori :