Taiwan Bersiap Hadapi Topan Taifun Krathon, WNI Diminta Siaga

Selasa 01-10-2024,09:48 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

BENGKULU UTARA, RBTVCAMKOHA.COM - Taiwan bersiap hadapi topan taifun krathon, WNI diminta siaga.

Taifun Krathon tengah mendekati kawasan Taiwan. Ditjen Klimatologi Sentral (CWA) mengeluarkan peringatan taifun untuk kawasan darat pada Senin dini hari (30/9), pukul 02:30.

Area peringatan diperluas dari 2 wilayah di Taitung dan Semenanjung Hengchun, hingga ke kawasan Pingtung. Saat ini, kekuatan taifun Krathon masih berpotensi meningkat, dan diperkirakan akan berdampak paling parah pada Taiwan mulai Selasa besok (1/10) dan Rabu lusa (2/10). Masyarakat diimbau untuk bersiap menghadapi taifun.

BACA JUGA:Apa Itu Badai Helene? Terjang Negara Amerika Serikat dengan Korban Tewas Tembus 100 Orang

Menurut data terbaru, pusat taifun Krathon saat ini berada di permukaan laut selatan-tenggara Eluanbi, bergerak ke barat-barat laut. Radius badainya telah memasuki perairan dekat selatan Taiwan, yang akan menimbulkan ancaman bagi Taitung, Pingtung, dan Semenanjung Hengchun.

Angin dan ombak juga akan meningkat secara bertahap di permukaan laut lainnya di dekat Taiwan. Warga diminta untuk menghindari aktivitas di tepi laut.

Taiwan Bersiap Hadapi Topan Taifun Krathon

Mata topan sudah terlihat dan diperkirakan sistem ini akan menguat menjadi topan yang sangat kuat (Very Strong Typhoon) di Selat Luzon.

Taiwan telah memperingatkan dan menangguhkan sejumlah penerbangan dan kapal ke pulau-pulau kecil sejak Minggu (29/9) hingga Rabu (2/10).

Saat mendekat, melintas dan perkiraan mendarat di Taiwan, topan Krathon membawa angin kencang dan hujan lebat.

BACA JUGA:Waspada Badai, Bocah 6 Tahun Asal Ilir Talo Dilarikan Ke Rumah Sakit Akibat Pohon Sawit Roboh dan Timpa Rumah

Tinggi gelombang signifikan maksimum adalah 11,3 meter (37 feet), kata Pusat Peringatan Siklon Tropis Bersama – Joint Typhoon Warning Center (JTWC).

Selama enam jam terakhir, menurut JTWC, Krathon bergerak ke barat laut dengan kecepatan 17 km per jam (9 knot).

Topan Krathon dengan nama lokal Filipina “Julian”, menurut PAGASA (Philippine Atmospheric, Geophysical, and Astronomical Services Administration – Administrasi Layanan Atmosfer, Geofisika, dan Astronomi Filipina), intensitasnya terus meningkat dengan cepat.

Dalam bulletin PAGASA yang dikeluarkan Senin (30/9) pukul 02.00, topan ini akan bergerak secara umum ke barat laut. Prakiraan lintasan, topan akan mendarat atau melewati sangat dekat dengan Batanes hari ini.

Kategori :