Taiwan Bersiap Hadapi Topan Taifun Krathon, WNI Diminta Siaga

Selasa 01-10-2024,09:48 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

BACA JUGA:Diterjang Badai Pohon Leban Tumbang ke Jalan, Arus Lalu Lintas Bengkulu-Manna Macet

Pada Senin sore, Krathon akan berbelok tajam ke utara menuju Taiwan dan diperkirakan akan mendarat pada Selasa (1/10) malam atau Rabu pagi.

PAGASA memperkirakan topan Krathon akan mencapai kategori topan super sebelum mendarat di Taiwan selatan.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) memprediksi Krathon akan menjadi angin topan yang sangat kuat pada Selasa (1/10).

Saat ini, Senin, intensitas Krathon angin topan yang kuat sedang bergerak ke barat-barat laut dengan kecepatan 15 km per jam (9 kont).

Angin kencang dengan kecepatan 30 knot atau lebih di seluruh area 440 km (240 NM), kata Badan Meteorologi.

Melansir Taiwannews.com.tw, Taiwan mengeluarkan peringatan laut pada Minggu (29/9). Pihak berwenang menyarankan negara itu, terutama Taiwan timur dan utara, untuk bersiap menghadapi hujan lebat selama beberapa hari ke depan.

BACA JUGA:'Badai El Nino' Hantam Menteri Pertanian SYL, Berurusan Dengan KPK

Meskipun belum ada penutupan pekerjaan atau sekolah yang diumumkan pada Minggu malam, sebagian besar pantai umum, taman nasional, dan area rekreasi belum ada aktivitas atau ditutup mulai Senin hingga Rabu 2 Oktober.

Warga disarankan untuk mengambil tindakan pencegahan terhadap hujan lebat, angin kencang, dan sambaran petir, terutama di Hualien.

WNI Diminta Siaga

KDEI Taipei turut mengimbau WNI untuk tetap mengikuti perkembangan informasi dari otoritas setempat.

WNI yang terdampak langsung Taifun Krathon atau mengetahui informasi soal WNI lain yang terdampak dapat menghubungi bagian PWNI-Pensosbud KDEI Taipei melalui saluran telepon +886-901-132-000 atau +886-987-587-000.

BACA JUGA:Diskon Fantastis, Ini 3 Jawaban Kode Voucher Badai Shopee di Puncak Kampanye 8.8, Cek Waktunya

Otoritas Taiwan sebelumnya menyatakan peringatan cuaca pada Minggu (29/9) waktu setempat menyusul Taifun Krathon yang diperkirakan melanda Pulau Taiwan mulai pekan ini.

Dilaporkan Xinhua, di samping meliburkan aktivitas sekolah dan kerja, otoritas setempat juga menangguhkan layanan kereta. Selain itu, jalan bebas hambatan yang jalurnya menyusuri pesisir Hualien ditutup akibat longsor.

Kategori :