7 Penyebab Kenapa Pengajuan Pinjol Anda Sering Ditolak, Nomor 2 Tak Banyak yang Tahu

Kamis 03-10-2024,07:08 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Selain data yang harus sesuai dengan KTP, calon nasabah juga perlu untuk mengisi data pribadi yang sebenar-benarnya seperti foto KTP, foto pribadi dengan memegang kartu KTP dan nomor yang dapat dihubungi.

Pada proses ini kerap terjadi identitas data pribadi tidak valid karena beberapa faktor seperti foto yang ditampakkan buram.

BACA JUGA:Mau Buka Usaha Tapi Minim Modal, Ini 5 Cara Mendapatkan Modal untuk Usaha, Pemula Harus Tahu

4. Di Luar Cakupan Layanan

Calon nasabah perlu mengetahui bahwa beberapa platform pinjaman online memiliki keterbatasan layanan, contohnya Fintech yang hanya menyediakan layanan di kota tertentu saja.

Jadi, jika kamu membutuhkan dana darurat maka carilah pinjol yang memiliki cakupan wilayah yang luas. Hal ini agar mempermudah proses pencairan dana kamu.

BACA JUGA:Sinergi BTN dan Syailendra Capital, Hadirkan Dua Produk Reksa Dana Unggulan untuk Investor Tanah Air

5. Jumlah Cicilan Terlalu Besar

Pihak Fintech akan melakukan pengecekan terhadap kondisi keuangan calon debitur. Apabila calon debitur memiliki jumlah cicilan dengan nilai yang terlalu besar dari pendapatan, maka lembaga kredit akan mempertimbangkan untuk memberikan pinjaman.

Ingat! Ajukanlah pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu untuk membayarnya. Jangan tergiur dengan pinjaman yang terlalu besar sehingga mengakibatkan kamu susah untuk membayarnya.

BACA JUGA:6 Cara Mendapatkan Modal Usaha Bagi Pemula, Yuk Dicoba!

6. Pendapatan Belum Sesuai Persyaratan

Persyaratan selanjutnya adalah memastikan minimum pendapatan calon nasabah. Hal ini dilakukan agar calon nasabah dapat mengembalikan jumlah dana yang dipinjam. Pastikan pendapatan calon nasabah sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

BACA JUGA:Mau Mulai Usaha tapi Terbentur Modal? Tenang Ini 7 Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis

7. Pinjaman Melebihi Limit

Terakhir adalah nominal pinjaman yang lebih besar dari limit biasanya perusahaan akan menolak pengajuan. Penetapan limit disesuaikan oleh perusahaan dengan kapasitas keuangan calon nasabah melalui pendapatan.

BACA JUGA:Gampang, Ini 10 Cara Dapat Tambahan Modal Usaha Tanpa Utang, Bebas Bunga

Sementara itu, pinjaman online telah menjadi solusi populer bagi banyak orang yang membutuhkan dana cepat dan mudah diakses. 

Dengan kemajuan teknologi, proses pengajuan pinjaman menjadi lebih sederhana dan cepat, yang memungkinkan siapa saja dengan akses internet untuk mendapatkan pinjaman dalam hitungan jam saja. 

Namun, seperti halnya produk keuangan lainnya, pinjaman online memiliki dampak positif dan negatif yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan pinjaman.

Kategori :