Sultan Bachtiar Najamudin, Putra Asli Bengkulu Dilantik Jadi Ketua DPD RI Periode 2024-2029

Rabu 02-10-2024,09:37 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sultan Bachtiar Najamudin, putra asli Bengkulu resmi dilantik jadi ketua DPD RI periode 2024-2029.

Sultan B Najamudin resmi dilantik jadi Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2024-2029.

BACA JUGA:Harus Belajar dengan PSSI, Pemain Naturalisasi untuk Malaysia Mats Deijl Ditolak FIFA

Sultan dilantik setelah menjalani pemilihan secara voting dalam rapat paripurna DPD RI. Pelantikan Sultan dilakukan pada Rabu, 2 Oktober 2024 pukul 02.30 WIB di Senayan, Jakarta.

Pelantikan ini menjadi sorotan utama setelah Sultan berhasil mengungguli calon Ketua DPD petahana, La Nyalla Mattalitti. Dalam pemilihan yang berlangsung, dari total 152 anggota DPD, sebanyak 151 anggota hadir untuk memberikan suara mereka.

Acara pelantikan dimulai dengan pembacaan keputusan DPD terkait pimpinan DPD untuk periode 2024-2029. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengucapan sumpah dan janji yang dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung, Muhammad Syarifuddin.

BACA JUGA:Harus Belajar dengan PSSI, Pemain Naturalisasi untuk Malaysia Mats Deijl Ditolak FIFA

Dalam suasana yang penuh khidmat tersebut, Sultan dan tiga pimpinan DPD lainnya bersumpah untuk mengutamakan kepentingan bangsa serta daerah.

"Bahwa saya akan memegang teguh Pancasila dan menegakkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peraturan perundang-undangan. Bahwa saya akan menegakkan kehidupan demokrasi, serta berbakti kepada bangsa dan negara," ucap mereka dengan penuh keyakinan.

Selain itu, mereka juga menegaskan komitmen untuk memperjuangkan aspirasi daerah.

"memperjuangkan aspirasi daerah demi mewujudkan tujuan nasional untuk kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia." imbuhnya

Dengan dilantiknya Sultan sebagai Ketua, susunan kepemimpinan DPD RI periode 2024-2029 kini diisi oleh Sultan B Najamuddin sebagai Ketua, serta tiga Wakil Ketua, yaitu GKR Hemas, Yorrys, dan Tamsil Linrung.

BACA JUGA:Hari Pertama Dilantik, Sultan B Najamudin Penuhi Janji Kampanye, Jadi Ketua DPD RI

Momen pelantikan ini tidak hanya menjadi simbolis, tetapi juga menandai awal dari tugas berat yang akan diemban oleh Sultan dan tim kepemimpinannya dalam memperjuangkan aspirasi daerah serta mendukung pembangunan nasional.

Harapan Sultan Dalam Waktu Dekat

Setelah prosesi pelantikan, Sultan menyatakan harapannya untuk segera bertemu dengan presiden terpilih, Prabowo Subianto. Ia menginginkan agar pertemuan ini bisa berlangsung dalam waktu dekat.

Kategori :