Menilik 6 Fakta Menarik Sturgeon, Ikan Purba yang Punya Harga Selangit

Kamis 03-10-2024,17:43 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Menguak Kasus P Diddy, Rapper yang Viral Diduga Lakukan Pelecehan Seksual hingga Perdagangan Manusia

Di antara spesies sturgeon terbesar adalah jenis beluga (Huso huso) dari Laut Kaspia, yang dikatakan tumbuh hingga 5,5 m dengan massa 2000 kg, sedangkan kaluga (Huso dauricus) dari Sungai Amur memiliki panjang dan massa yang sama 1000 kg.

Mereka dianggap sebagai ikan yang paling lama hidup, dengan beberapa mencapai kematangan seksual pada usia 20 tahun dan hidup hingga 100 tahun.

Kombinasi tingkat pertumbuhan dan reproduksi yang lambat ditambah dengan sturgeon betina dewasa bertelur yang tinggi membuat sturgeon sangat rentan terhadap penangkapan ikan berlebihan.

BACA JUGA:Perusahaan di Seluma Wajib Bantu Tanggung Iuran BPJS Warga Desa Penyangga

Jenis Ikan Sturgeon

Dilansir dari laman fishbase.com, ada 4 genus dalam famili Acipenseridae dan masing-masing genus terdiri atas beberapa spesies ikan sturgeon.

Genus Acipenser terdiri atas 17 spesies, genus Huso 2 spesies, genus Pseudoscaphirhynchus memiliki 3 spesies, begitu pula genus Scaphirhynchus yang terdiri atas 3 spesies.  

Berikut adalah beberapa jenis ikan sturgeon terpopuler di dunia:

1. Sturgeon Siberia (Acipenser barii)

Ikan sturgeon yang berasal dari Siberia, Cina, serta Kazakhstan ini dapat mencapai ukuran 2 m serta berat 200 kg. Banyak dimanfaatkan daging serta kaviarnya, sturgeon siberia memangsa beragam invertebrata dasar laut seperti krustasea, cacing, hingga larva.

Tinggal pada kedalaman antara 20-50 meter, ikan ini bisa mencapai umur 60 tahun, lho. Sturgeon siberia juga bisa dipelihara. Ia kadang juga memangsa ikan kecil yang ada di dasar kolam.

BACA JUGA:8 Tips Mengumpulkan Dana Darurat dengan Cepat, Yuk Coba

2. Sturgeon Berlian (Acipenser gueldenstaedtii)

Sturgeon berlian berasal dari Rusia, Eropa Timur, Iran, Kazakhstan, dan Azerbaijan. Spesies ini termasuk langka dan terancam punah sebab banyak diburu sebagai ikan hias.

Ia bisa tumbuh sangat cepat ketika berada di alam liar. Panjangnya dapat mencapai 2,3 m. Tubuh sturgeon berlian berwarna biru tua agak hitam dengan sisik punggung lateral putih atau krem.

3. Sturgeon Bintang (Acipenser stellatus)

Kategori :