Tidak Sulit, Begini Cara Merawat Kulkas agar Tidak Berbau dan Menghilangkan Karat yang Menempel

Jumat 04-10-2024,10:33 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Ada yang Nekat Membuat Laporan Palsu ke Polisi, Apakah Pelakunya Bisa Dihukum Penjara?

2. Lepas sekat di dalam kulkas

Selanjutnya lepas semua sekat dan rak yang terdapat di dalam kulkas. Kemudian cuci sekat dan rak tersebut menggunakan sabun pencuci dan air bersih untuk membersihkan sisah minyak, tumpahan minuman, dan lainnya sebagainya.

Bersihkan secara perlahan menggunakan spons dan hindari menghilangkan kotoran membandel dengan kawat pencuci, sebab mencuci dengan kawat bisa meninggalkan baret.

Setelah dicuci, keringkan sekat dan rak tersebut dan masukkan kembali ke posisi semula di kulkas setelah benar-benar kering dan bagian dalam kulkas dibersihkan.

BACA JUGA:Ada yang Nekat Membuat Laporan Palsu ke Polisi, Apakah Pelakunya Bisa Dihukum Penjara?

3. Bersihkan saluran pembuangan

Langkah berikutnya adalah membersihkan saluran drainase atau pembuangan. Biasanya saluran pembuangan ini berada di bagian belakang lemari es.

Kamu bisa menggunakan sedotan atau cotton bud dan menggosok-gosokannya hingga seluruh kotoran yang menempel pada saluran terdorong keluar.

4. Bersihkan freezer

Kemudian, yang juga tak kalah penting untuk membersihkan freezer. Sebab freezer merupakan tempat yang sering digunakan untuk menyimpan stok daging atau jenis makanan berbbau yang wajib dibekukan.

Membersihkan freezer dengan cara yang kurang lebih sama, yakni melepas sekat dan rak dan mencucinya.

BACA JUGA:Kapan Kartu Ujian Tes CPNS 2024 Bisa Dicetak? Ini Jadwal dan Cara Cetaknya

5. Lap bagian dalam dan luar kulkas

Setelah membersihkan saluran pembuangan dan freezer, langkah berikutnya adalah membersihkan bagian dalam dan luar kulkas. Pastikan kamu membersihkannya dengan menyeluruh.

Kamu bisa menggunakan lap basah untuk membersihkan seluruh bagian dalam dan luar kulkas, seperti dinding kulkas, bagian pintu, area freezer, dan bagian yang kerap terabaikan atau sulit dijangkau, seperti pojokan.

Apabila seluruh bagian telah dibersihkan, langkah terakhir adalah dengan membersihkannya menggunakan lap kering.

BACA JUGA:Ada yang Nekat Membuat Laporan Palsu ke Polisi, Apakah Pelakunya Bisa Dihukum Penjara?

6. Gunakan bahan alami untuk mengatasi bau

Terakhir ini yang tak akalh penting, kulkas merupakan tempat penyimpanan berbagai macam bahan makanan dan minuman, termasuk daging dan ikan yang umumnya akan lebih cepat mengeluarkan bau amis.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami agar kulkas memiliki aroma yang segar. Pilihan bahan-bahan tersebut seperti ampas kopi, ekstrak vanili, irisan lemon, dan teh lainnya.

Kategori :