Tidak Sulit, Begini Cara Merawat Kulkas agar Tidak Berbau dan Menghilangkan Karat yang Menempel

Jumat 04-10-2024,10:33 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

Caranya cukup menaruh bahan tersebut secara terbuka di dalam wadah kecil dan tempatkan di dalam kulkas.

BACA JUGA:5 Cara Merawat Kompor Gas Biar Awet, Emak-emak Harus Tahu

Cara Merawat Kulkas Agar tidak Berkaratan

Kulkas yang berkarat tentu sangat bahaya bagi kesehatan karena bisa saja mengontaminasi makanan dan minuman di dalamnya.

Lantas, apa yang menyebabkan kulkas berkarat? Dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Melansir laman Hunker, pertemuan udara dingin kulkas dan udara panas di sekitarnya dapat menciptakan embun. Embun ini membuat kulkas menjadi lembab dan cepat berkarat.

Pintu kulkas yang terbuat dari besi memiliki lapisan pelindung untuk mencegah karat. Namun, jika lapisan pelindung berkualitas buruk atau telah rusak, karat bisa mudah muncul.

BACA JUGA:Profil Mario Aji, Pembalap Indonesia yang Bakal Debut di MotoGP 2026

Selain itu, pembersihan kulkas menggunakan air juga bisa menimbulkan karat. Setelah membersihkan kulkas, keringkan sisa-sisa air pada kulkas untuk mencegah karat.

Karat pada pintu kulkas bisa dibersihkan menggunakan beberapa bahan yang mudah ditemukan di rumah. Bahan-bahan ini ampuh menghilangkan karat. Namun pastikan bahwa menggunakannya dengan tepat:

1. Baking soda

Pertama, campurkan baking soda dengan air lalu gunakan untuk membersihkan bagian berkarat dengan kain yang lembut. Setelah karat sudah hilang, bersihkan area tersebut dengan air menggunakan kain lembut yang baru.

BACA JUGA:Mengenal 6 Manfaat Air pH Tinggi untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Pernah Minum?

2. Asam oksalat

Selain baking soda, kamu juga bisa membersihkan karat dengan cairan kimia bernama asam oksalat. Gunakan produk pembersih karat yang mengandung asam oksalat atau asam oksalat langsung.

Larutkan asam oksalat sesuai petunjuk kemasan. Setelah itu, sikat bagian yang berkarat pada pintu kulkas menggunakan larutan tersebut. Bilas dengan air bersih dan keringkan.

3. Minyak

Kategori :