Kapan Musim Hujan di Jambi Tiba? Simak Penjelasan BMKG

Jumat 04-10-2024,16:32 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kapan musim hujan di Jambi tiba? Simak penjelasan BMKG.

Kapan musim hujan di Jambi dimulai sedang banyak dipertanyakan masyarakat, untuk mengetahui hal itu simak penjelasan BMKG berikut.

BACA JUGA:7 Cara Membersihkan Karang Gigi Membandel, Dijamin Ampuh dan Aman

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sultan Thaha Jambi memprediksi provinsi Jambi akan memasuki puncak musim hujan pada November sampai Desember 2024 mendatang.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Thaha Jambi Ibnu Sulistyono menerangkan saat ini provinsi Jambi memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan.

BACA JUGA:Miris! Seorang Siswi SMP Jadi Korban Kekerasan Seksual Bocah SD, Polisi Kantongi Identitas Pelaku

Menurutnya, pada dasarian ke 3 bulan September, sebagian besar wilayah provinsi Jambi akan memasuki musim penghujan.

“Sampai dasarian ke 2 bulan September 2024 memang untuk cuaca di Jambi memasuki musim pancaroba atau peralihan, namun dasarian ke 3 sebagian besar wilayah provinsi Jambi akan memasuki musim penghujan, dengan puncak musim penghujan sebagian besar pada di November dan sebagian kecil pada Desember, atau secara umum di November “ kata Ibnu Sulistyono, Jumat (20/9/2024).

Antisipasi kondisi peralihan ini yakni adanya petir pada siang atau malam hari, angin kencang hujan sporadik sedangkan pada musim penghujan nantinya dihimbau untuk mewaspadai potensi bencana berupa banjir, longsor pada wilayah bagian barat Jambi.

“Himbauannya untuk tetap update cuaca, waspadai cuaca ekstrim pada siang jelang sore atau malam hingga dini hari, sedangkan untuk puncak hujan di Jambi pada November  dengan kondisi hujan ditambah dengan  iso la nina sehingga  akan menambah curah hujan di provinsi Jambi sehingga perlu diwaspadai potensi bencana hujan , banjir dan tanah longsor di wilayah bagian barat, “ ucapnya.

BACA JUGA:Orang Tua Tandatangani Pernyataan, Ikut Awasi Waktu dan Keberadaan Anaknya di Rumah

Sementara itu, dengan mulai diguyur hujan pada awal September 2024, maka diakui Ibnu Sulistyono maka jumlah titik panas di wilayah provinsi Jambi mulai berkurang.

Karakteristik Hujan di Jambi

Berdasarkan prediksi dari BMKG diatas, berikut adalah beberapa karakteristik utama hujan di Jambi periode 2024/2025:

1. Awal Musim Hujan

Musim hujan di Jambi diperkirakan akan dimulai pada dasarian ketiga September 2024.

Kategori :