Kapan Awal Musim Hujan di Lampung? Ini Prediksi dari BMKG

Jumat 04-10-2024,19:57 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kapan awal musim hujan di lampung? Ini prediksi dari BMKG.

Masyarakat Kota Bandar Lampung tentu bertanya-tanya tentang kapan akan turun hujan. Apalagi beberapa waktu ini suhu udara yang dirasakan begitu panas dan terik, Bahkan tidak sedikit yang sudah mengalami kesulitan air karena sumur menjadi kering.

BACA JUGA:Tertarik Berkunjung ke Sulawesi? Ini 9 Rekomendasi Tempat Liburan di Sulawesi Selatan

Namun sebelum membahas terkait kapan musim hujan akan terjadi di wilayah Lampung, khususnya Kota Bandar Lampung.

Terlebih dulu kita akan membahas terkait fenomena cuaca panas terik yang belakangan terjadi. Dan sebenarnya fenomena cuaca panas terik ini tak hanya terjadi di wilayah Lampung saja. Namun, ada banyak wilayah yang juga merasakan cuaca panas terik.

BACA JUGA:Tertarik Berkunjung ke Sulawesi? Ini 9 Rekomendasi Tempat Liburan di Sulawesi Selatan

Fenomena Cuaca Panas Masih Berlangsung Oktober 2024

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan alasan cuaca panas terik yang melanda sebagian wilayah di Indonesia akhir-akhir ini.

Kondisi panas terik terjadi karena cuaca yang cerah dan minimnya tingkat pertumbuhan awan, terutama pada siang hari. 

Ketua Pokja Informasi Cuaca Ekstrem BMKG, Ida Pramuwardhani, mengatakan kondisi tersebut terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia terutama Jawa hingga Nusa Tenggara. 

"Minimnya pertumbuhan awan di atmosfer menyebabkan penyinaran matahari pada siang hari ke permukaan bumi tidak mengalami hambatan signifikan, sehingga suhu pada siang hari di luar ruangan terasa sangat terik," ujar Ida.

BACA JUGA:Berapa Tunjangan yang akan Diterima PPPK jika Lulus Seleksi 2024? Segini Besarannya

Ida mengatakan, kondisi tersebut terjadi karena sebagian besar wilayah Indonesia di selatan ekuator masih mengalami musim kemarau dan sebagian lainnya akan mulai memasuki periode peralihan musim pada periode oktober-november. Dengan demikian, cuaca cerah masih mendominasi pada siang hari. 

Ia memprediksi, kondisi fenomena panas masih berlangsung dalam periode Oktober 2024. Berdasarkan data pengamatan sepekan terakhir, kondisi suhu udara maksimum mencapai 36 derajat celsius di Stasiun Meteorologi Sultan Muhammad Kaharuddin NTB sebesar 36,6 derajat Celcius (C). 

BACA JUGA:Segini Jumlah Penerima Bansos PIP 2024 Bengkulu Utara, Ratusan Penerima Belum Aktivasi Rekening

Kondisi panas terik juga tercatat di beberapa stasiun klimatologi di Indonesia, yaitu Stasiun Klimatologi Sulawesi Selatan 36,5 derajat C, Stasiun Meteorologi Perak I dan Stasiun Meteorologi Tanjung Perak Jawa Timur 36,4 derajat C.

Kategori :