Kapan Awal Musim Hujan di Lampung? Ini Prediksi dari BMKG

Jumat 04-10-2024,19:57 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

3. Durasi Musim Hujan

Durasi musim hujan di Lampung akan mengikuti pola monsun dengan dua musim utama, yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Secara umum, curah hujan di Lampung berkisar antara 2.257 hingga 2.454 mm per tahun dengan jumlah hari hujan antara 76 hingga 166 hari per tahun.

Itulah perkiraan dari BMKG mengenai kapan musim hujan tiba di Lampung. Mengenai hal itu, ada sejumlah persiapan sebelum musim hujan yang sangat penting diperhatikan.

BACA JUGA:Awas Jadi Korban Scam ‘VCS’ Seorang Pria Kena Peras dan Diancam Sebarkan Tangkapan Layar Seolah-olah Sedang VC

Berikut ini persiapan yang perlu dilakukan saat menghadapi musim hujan:

1. Jas hujan dan payung

Setiap anggota keluarga sebaiknya punya payung atau jas hujan masing-masing. Dengan demikian, kalian tidak perlu saling menunggu ketika hendak memakainya. Ukuran keduanya juga mesti disesuaikan dengan tubuh pemakainya karena payung atau jas hujan yang kekecilan tidak memberikan perlindungan yang optimal.

Begitu masuk musim hujan, keduanya mesti ada di tas atau bagasi sepeda motor dan mobil. Walaupun hujan masih jarang turun, jangan sampai kamu gak membawanya ketika hujan tiba-tiba mengguyur.

Lebih baik bawa setiap hari meski tidak dipakai daripada pulang basah kuyup padahal di rumah semuanya ada.

Selalu cek apakah payung bisa dibuka dengan normal terlebih setelah lama gak digunakan. Payung lipat kerap lebih mudah rusak sehingga perlu diperiksa. Jas hujan juga mesti dicek kalau-kalau ada bagian yang berlubang dan membuatmu tetap kebasahan ketika mengenakannya.

BACA JUGA:Probowo Subianto, Presiden Terpilih yang Diharapkan Jadi Panglima Pemberantasan Mafia SDA

2. Tas atau pelindung tas tahan air

Kalau ukuran tas yang dipakai mungil, kamu bisa menyembunyikannya di balik jas hujan. Namun bila dirimu mesti membawa banyak barang sampai ransel begitu gemuk, tentu sulit melindunginya dengan jas hujan. Payung yang dipakai pun belum tentu membebaskan tas dari percikan air.

Paling aman kamu menggunakan tas berbahan tahan air biar semua barang di dalamnya aman. Apalagi jika dirimu membawa laptop dan berbagai dokumen penting.

Bila untuk membeli tas baru yang anti air belum ada bujetnya, utamakan pelindungnya saja yang dijual terpisah dan harganya lebih murah.

Kategori :