Kemensos Bersih-bersih Data Penerima Bansos, Segera Cek Status Penerima Bansos Oktober 2024

Jumat 04-10-2024,22:07 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kemensos bersih-bersih data penerima bansos, segera cek status penerima bansos Oktober 2024.

Menteri Sosial Tri Rismaharini tampak sumringah saat ungkapkan sebanyak 7.221 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah berhasil graduasi dari program bansos pada acara Graduasi Penerima Manfaat Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) di Gedung Aneka Bhakti, Jumat (8/3). Pada bulan Februari saja, ada 3.449 KPM yang telah berhasil graduasi. 

Mensos mengungkapkan bahwa target graduasi tahun ini cukup besar, yaitu 100.000 KPM. Oleh karena itu, Kementerian Sosial terus mengejar target tersebut dengan mengupayakan berbagai hal untuk memberdayakan KPM dan meningkatkan nilai jual produk mereka. Dengan bertambahnya nilai jual, diharapkan KPM bisa berpenghasilan lebih dari Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), dan dinyatakan layak untuk graduasi bansos.

BACA JUGA:Alhamdulillah Cair Lagi, Ini 3 Bansos Cair per Oktober 2024, KPM Silakan Cek

Bansos merupakan bantuan dari pemerintah bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), untuk masyarakat yang terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). 

Cara Cek Penerima Bansos Oktober 2024

Masyarakat dapat mengecek apakah mereka termasuk dalam daftar penerima bansos melalui laman khusus yang disediakan oleh Kementerian Sosial. Berikut langkah-langkahnya:

• Buka laman cekbansos.kemensos.go.id

• Masukkan wilayah penerima manfaat: Pilih Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, dan Desa.

• Masukkan nama sesuai KTP.

• Ketik kode captcha yang tertera di layar.

• Klik ‘Cari Data’.

• Cek status: Jika nama Anda termasuk dalam daftar penerima manfaat, data Anda akan muncul.

BACA JUGA:Bansos Oktober 2024 Ibu Hamil dapat Rp 750 Ribu, Segera Cek Rekening KKS

Jika nama Anda tidak tercantum, Anda dapat mengajukan diri sebagai penerima bantuan melalui Program Usul Sanggah. Program ini adalah fitur dalam aplikasi cek bansos yang ditujukan untuk orang yang berhak mendapatkan bantuan namun tidak mendapatkannya.

Kategori :