Warga Alami Krisis Air Bersih, Kapan Musim Hujan di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah?

Senin 07-10-2024,10:54 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Warga alami krisis air bersih, cek kapan musim hujan di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah?

Seperti diketahui, cuaca merupakan kondisi atmosfer di suatu wilayah pada waktu tertentu, yang melibatkan berbagai elemen seperti suhu udara, kelembapan, curah hujan, kecepatan angin, dan tekanan udara.

BACA JUGA:Ini Prakiraan Jadwal Musim Hujan di Jawa Barat, BMKG Imbau Waspada Bencana Hidrometeorologis

Saat ini, sejumlah wilayah di Indonesia tengah diguyur hujan dengan intensitas yang bervariasi.

Kendati begitu, krisis air bersih menjadi permasalahan serius yang dihadapi oleh sebagian masyarakat di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, terutama menjelang akhir musim kemarau.

BACA JUGA:Rekomendasi Hotel Murah di Kabupaten Bekasi Lengkap dengan Fasilitasnya, Harga Mulai Rp 150 Ribu

Masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih tentu menunggu dengan harap-harap cemas kapan hujan mulai mengguyur wilayah mereka dan kapan musim hujan akan datang secara penuh di tahun 2024.

"Berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG, awal musim hujan di Kabupaten Banyumas diperkirakan akan terjadi pada dasarian pertama bulan Oktober 2024. Namun, sebagian wilayah masih mengalami krisis air bersih," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Budi Nugroho, di Purwokerto, Banyumas, seperti dilansir Antara.

Kondisi Air Bersih di Kabupaten Banyumas

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Budi Nugroho, menyampaikan bahwa hujan yang turun dalam beberapa hari terakhir belum memberikan dampak yang signifikan terhadap ketersediaan air tanah maupun sumur warga.

Hujan ini belum cukup untuk menutupi kekurangan air yang sudah dialami selama musim kemarau panjang. BPBD masih terus menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat yang terdampak krisis air.

BACA JUGA:Prediksi Musim Hujan di Bengkulu, Ini Daerah Rawan Bencana Selama Musim Hujan 2024

Menurut Budi Nugroho, frekuensi penyaluran bantuan air bersih memang sudah mulai berkurang, mengingat wilayah yang terdampak kekeringan mulai berkurang seiring dengan datangnya musim hujan.

Namun, beberapa wilayah di Banyumas masih mengalami kesulitan air bersih, terutama di desa-desa yang jauh dari sumber air.

Hingga saat ini, BPBD terus melakukan upaya untuk memastikan bahwa kebutuhan air bersih masyarakat tetap terpenuhi, meskipun dalam kondisi yang terbatas.

BACA JUGA:Coba Amati! Ini Tanda-tanda Alam Jika Sudah Masuk Musim Penghujan, Salah Satunya Muncul Awan Ini

Distribusi Bantuan Air Bersih

Kategori :