Prakiraan Jadwal Awal Musim Hujan di Jawa Timur, BMKG Sebut Ada yang Awal Tahun 2025

Senin 07-10-2024,12:52 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Bagiamana Cuaca Besok? Begini Cara Cek Prakiraan Cuaca Setiap Hari di Aplikasi BMKG, Mudah

Kemudian, Kabupaten Kediri, Batu, Kabupatan dan Kota Malang, Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Surabaya, Lamongan, Lumajang, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Tuban, dan Tulungagung.

“Ada dua wilayah yang mengalami awal hujan bulan September 2024 yakni, Lumajang dan Kabupaten Malang. Sementara Situbondo akan mengalami awal musim hujan lebih lambat yakni pada Desember 2024,” jelas Anung.

Selanjutnya, Anung juga mengatakan jika sekitar 46 ZOM di Jatim, akan mengalami musim hujan lebih awal jika dibandingkan dengan data 30 tahunan.

Adapun sifat hujan tahun 2024, lanjut Anung, dinilai normal di 51 ZOM Jatim, dengan curah hujan berkisar antara 1.000 hingga 2.500 mm.

BACA JUGA:Ini Prakiraan Jadwal Musim Hujan di Jawa Barat, BMKG Imbau Waspada Bencana Hidrometeorologis

Anung berharap, lewat data-data yang telah dirilis oleh BMKG Jatim bisa menjadi acuan Pemerintah Daerah atau Kota dan beberapa stakeholder terkait, bisa menyiapkan antisipasi bencana hidrometerologis saat musim hujan datang.

“Kami mengimbau agar seluruh pihak bisa lebih siap dan melakukan beberapa antisipasi terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem pada masa peralihan atau pancaroba, yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometerologis seperti, banjir, banjir bandang, sedimentasi waduk, serta perlunya kesiapan inspeksi struktur bangunan dan jaringan,” ungkap Anung.

Selain itu, Anung juga meminta agar pemda atau pemkot setempat bisa lebih optimal dalam mengedukasi masyarakat tentang cara menghadapi risiko bencana yang berpotensi terjadi selama periode musim hujan.

“Tidak kalah penting adalah menyusun rencana early action untuk menekan kerugian yang timbul akibat bencana,” tandasnya.

BACA JUGA:Warga Alami Krisis Air Bersih, Kapan Musim Hujan di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah?

Sementara itu, memasuki musim hujan seperti ini penting untuk kita mengetahui prediksi cuaca yang akan terjadi untuk hari esok. Hal ini agar kita dapat lebih berjaga-jaga lagi ketika hendak melakukan kegiatan di luar rumah.

Saat ini, selain memantau prakiraan cuaca dari BMKG, ada juga beberapa platform atau aplikasi lain yang dapat kamu gunakan untuk memantau bagaimana cuaca besok.

Kamu dapat cek prakiraan cuaca melalui beberapa aplikasi cek cuaca yang bisa diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Tak jarang beberapa aplikasi cek cuaca ini sudah terpasang di smartphone kamu.

BACA JUGA:Ini Prakiraan Jadwal Musim Hujan di Jawa Barat, BMKG Imbau Waspada Bencana Hidrometeorologis

Aplikasi Cek Cuaca

Berikut ini beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana cuaca besok:

Kategori :