Apa Itu Bencana Hidrometeorologi? Beberapa Wilayah Status Wadpada Terdampak Selasa 8 Oktober

Senin 07-10-2024,21:48 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Apa itu bencana-hidrometeorologi? Beberapa wilayah status wadpada terdampak Selasa 8 Oktober 2024.

Melansir BMKG, bencana hidrometeorologi adalah suatu fenomena bencana alam atau proses merusak yang terjadi di atmosfer (meteorologi), air (hidrologi), atau lautan (oseanografi).

Dampak bencana hidrometeorologi dapat menyebabkan hilangnya nyawa, cedera atau dampak kesehatan lainnya, seperti kerusakan harta benda, hilangnya mata pencaharian dan layanan, gangguan sosial dan ekonomi, atau kerusakan lingkungan.

BACA JUGA:Peringatan Cuaca BMKG, Potensi Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter di Sejumlah Perairan

Melansir BPBD Yogyakarta, penyebab bencana hidrometeorologi adalah diakibatkan oleh parameter-parameter meteorologi, seperti curah hujan, kelembapan, temperatur, dan angin.

Macam-macam Bencana Hidrometeorologi

Macam-macam contoh bencana hidrometeorologi ada banyak, mulai dari badai siklon tropis, badai petir, badai es, tornado, curah hujan ekstrem, banjir, embun, suhu dingin, dan lain-lain. Berikut ini beberapa macam contoh bencana hidrometeorologi beserta penjelasan singkatnya:

BACA JUGA:Peringatan Dini Cuaca, Berikut 12 Provinsi Waspada Bencana Hidrometeorologi Selasa 8 Oktober

• Banjir

Banjir adalah luapan air yang meredam tanah yang biasanya kering, yang dapat terjadi akibat limpahan air dari sungai, danau atau laut.

• Longsor

Tanah longsor terjadi ditandai oleh kemiringan lereng yang curam atau landai, seperti di pegunungan hingga tebing pantai atau di dasar laut, yang dipicu oleh peristiwa tertentu.

• Curah Hujan Ekstrem

Curah hujan ekstrem dipicu oleh pertumbuhan awan konvektif (cumulonimbus) yang masif dan mencapai atmosfer yang tinggi.

BACA JUGA:9 Wilayah Waspada Cuaca Ekstrem Hujan Lebat 8 Oktober 2024, Ini Rilis BMKG

Kategori :