Apa Itu Bencana Hidrometeorologi? Beberapa Wilayah Status Wadpada Terdampak Selasa 8 Oktober

Senin 07-10-2024,21:48 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

• Angin Kencang

Angin kencang adalah naiknya kecepatan lebih dari 27,8 km/jam dari wilayah dengan tekanan udara yang lebih tinggi ke wilayah dengan tekanan udara lebih rendah.

• Puting Beliung

Puting beliung adalah kumpulan angin yang berputar dengan kecepatan tinggi yang dapat berlangsung selama beberapa menit, yang biasa terjadi saat pergantian musim hujan ke musim kemarau (pancaroba).

• Kekeringan

Kekeringan adalah defisit curah hujan pada suatu wilayah dalam periode tertentu, yang dapat menyebabkan penurunan kelembaban tanah dan kerusakan tanaman.

BACA JUGA:Belum Ada Alat Canggih, Beginilah Cara Kuno Orang Zaman Dahulu Memprediksi Cuaca

• Kebakaran Hutan dan Lahan

Karhutla adalah penurunan terbakarnya banyak pohon, semak, paku-pakuan dan rumput di suatu wilayah, yang disebabkan faktor alam maupun faktor manusia.

• Kualitas Udara Buruk

Kualitas udara buruk berkaitan dengan tingkat polusi udara yang tinggi, kualitas udara ini ditentukan oleh konsentrasi polutan berdasarkan indeks kualitas udara lainnya.

Beberapa Wilayah Status Wadpada Terdampak Selasa 8 Oktober 

Menurut data BNPB, dikutip dari Modul Hidrometeorologi UGM (2022), selama 20 tahun terakhir Indonesia telah mengalami berbagai jenis bencana alam, termasuk bencana hidrometeorologi. Tren fenomena bencana hidrometeorologis di Indonesia memiliki kecenderungan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

BACA JUGA:Apa Metode dan Cara BMKG Memprediksi Prakiraan Cuaca, Ini Jawabannya Biar Tidak Penasaran

Maka, penting bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia untuk mengetahui tentang bencana hidrometeorologi.

12 Provinsi Waspada Bencana Hidrometeorologi Selasa 8 Oktober

Kategori :