Peralihan Musim, Kapan Musim Hujan di Blitar Tiba? Ini Prediksi BMKG

Selasa 08-10-2024,11:23 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Sudah Lama Tak Kunjung Hujan, Kapan Musim Hujan di Bondowoso? Ini Perkiraan dari BMKG

- Nganjuk
- Ngawi
- Pacitan
- Ponorogo
- Kabupaten Probolinggo
- Trenggalek
- Tuban, dan Tulungagung.

BACA JUGA:Kapan Musim Hujan di Gresik Tiba? Ini Ramalan Cuaca BMKG

Kemudian, sebanyak 49 zona musim akan mulai hujan pada November. Wilayah tersebut meliputi Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kabupaten Kediri, Batu, Kabupaten dan Kota Malang, Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Surabaya, Lamongan, Lumajang, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Tuban, dan Tulungagung.

Sementara, wilayah paling lambat memasuki musim hujan adalah bagian timur Situbondo dengan baru masuk pada dasaran I Desember.

Lebih lanjut, Anung menuturkan bahwa musim hujan di Jawa Timur mengalami curah hujan normal akan berada di sekitar 1.000–2.500 mm.

"Sifat musim hujan di Jawa Timur 2024-2025 relatif tidak mengkhawatirkan kering dan tidak ada indikasi lebih kering dibandingkan normalnya. Artinya, kita masih di batas aman di level normal hingga lebih basah," imbuhnya.

BACA JUGA:Resahkan Pedagang, Polisi Ringkus Preman yang Jadi Dalang Pungli di Pasar Tumpah

Sementara, untuk puncak musim hujan akan terjadi di pengujung Desember 2024. Namun, sebagian besar baru akan terjadi pada Januari dan Februari 2025.

Maka dari itu, Anung mengimbau untuk pemerintah dan masyarakat mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi masa peralihan selama periode 2024-2025.

"Biasanya di awal-awal musim hujan itu akan sangat banyak dijumpai hujan-hujan ekstrem dimohon kehati-hatiannya dan kesiapsiagaannya," kata Anung menambahkan.

"Kami juga mengimbau untuk pemerintah dapat lebih optimal untuk mengedukasi masyarakat tentang cara menghadapi risiko bencana yang berpotensi terjadi selama musim hujan serta pentingnya memperhatikan peringatan dini," imbuhnya.

Itulah mengenai kapan musim hujan di Blitar 2024 yang diprediksi oleh BMKG akan turun mulai bulan Oktober ini.

BACA JUGA:Sebagian Daerah Mulai Merasakan Hujan, Kapan Musim Hujan di Jombang 2024 Turun?

Sementara itu, untuk informasi tambahan, berikut adalah informasi mengenai penyebab fenomena suhu panas.

BMKG mengungkap penyebab dari fenomena suhu panas tersebut di antaranya faktor minimnya pertumbuhan awan, hingga posisi semu matahari.

Kategori :