Cara Merawat Sepatu Putih agar Tidak Kuning, Dijamin Awet Seperti Baru

Jumat 11-10-2024,06:26 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Jangan asal-asalan, begini cara merawat sepatu putih agar tidak kuning, dijamin awet seperti baru.
Menggunakan sepatu putih dalam berbagai kegiatan memang membuat tampilan lebih menarik, tetapi untuk memiliki sepatu warna putih, kamu harus tahu cara merawatnya dengan benar.

BACA JUGA:Jangan Asal, Begini Cara Menyimpan Sepatu di Kardus, Mudah dan Paling Efektif

Pasalnya, dalam perawatan sepatu putih tidak bisa asal-asalan dan juga tidak bisa disimpan atau dicuci seperti sepatu pada umumnya.
Jika dilakukan asal-asalan maka bisa membuat sepatu mudah rusak dan kuning, sehingga tidak menarik lagi.

BACA JUGA:5 Cara agar Sepatu Tidak Berjamur, Mudah dan Penting Dilakukan!

Penyebab sepatu putih menguning:

1. Paparan sinar matahari

Kalau sepatu putih dibiarkan terpapar sinar matahari secara berlebihan, ultraviolet (UV) dari sinar matahari bisa merusak serat-serat dari bahan sepatu. Akibatnya, warna sepatu berubah dari putih menjadi kuning.

2. Oksidasi

Bahan-bahan tertentu dari sepatu putih seperti karet atau bahan sintetis bisa mengalami oksidasi ketika terpapar udara. Proses oksidasi ini bisa menyebabkan perubahan warna dari putih menjadi kuning.

3. Kotoran dan noda

Sepatu putih lebih mudah kotor dan terkena noda di permukaannya saat digunakan. Noda seperti minyak, tanah, atau kotoran lainnya dapat teresap ke dalam serat bahan sepatu dan menyebabkan perubahan warna.

4. Pencucian yang tidak tepat

Mencuci sepatu putih dengan deterjen atau pemutih yang berlebihan atau tidak cocok untuk bahan sepatu tertentu bisa menyebabkan perubahan warna menjadi kuning.

5. Kualitas bahan

Terkadang, kualitas bahan sepatu putih yang kurang baik atau bahan yang mengandung bahan kimia tertentu bisa menyebabkan perubahan warna sepatu menjadi kuning.

BACA JUGA:Awas Salah Beli, Ini 5 Cara Mudah Membedakan Sepatu Adidas Ori dan KW

Nah, jika tidak mau sepatu putih kamu berubah menjadi kuning maka perlu simak cara merawatnya di bawah ini.

Berikut cara merawat sepatu putih agar tetap awet dan tidak menguning:

1. Perhatikan cara membersihkan noda

Berbeda dengan sepatu berwarna gelap, noda pada sepatu berwarna putih pasti akan lebih terlihat jelas. Beberapa noda yang menempel pun cukup membandel, sehingga sulit hilang.
Untuk menghilangkan noda-noda membandel tersebut, kamu bisa menggunakan cairan pembersih khusus sepatu sneakers yang saat ini sangat mudah dijumpai.
Sebagai pilihan alternatif, kamu juga bisa menggunakan cuka.
Caranya bersihkan dengan lap halus yang sudah dicelupkan ke dalam cuka, lalu basuh dengan air. Kamu juga bisa menggunakan baking soda sebagai alternatif.

BACA JUGA:Ngga Bisa Asal-asalan, Begini Cara Membersihkan Sepatu Berdasarkan Jenis Bahannya

2. Simpan di dalam ruangan atau tempat khusus

Sepatu putih sebaiknya disimpan di dalam rumah agar terhindar dari paparan sinar matahari. Kamu bisa menggunakan rak khusus sepatu agar membuat sepatu putih terhindar dari kotoran dan debu.
Meletakkannya di rak khusus sepatu juga bisa mengindari sepatu putih agar tidak terinjak oleh sepatu kotor lain. Selain itu, hal ini juga untuk menghindari sepatu dari paparan sinar UV berlebih.
Sepatu warna putih akan lebih cepat pudar atau bahkan warnanya bisa berubah kekuningan (yellowing) atau sepatu menguning jika terlalu sering terpapar sinar UV secara langsung. Maka dari itu, simpan sepatu warna putih di tempat yang sejuk dan gelap ketika tidak digunakan.

BACA JUGA:Ngga Bisa Asal-asalan, Begini Cara Membersihkan Sepatu Berdasarkan Jenis Bahannya

3. Hindari mencuci sepatu dengan mesin cuci

Kategori :