Metro dan Banjarmasin Masuk Dalam Deretan 9 Kota Biaya Hidup Termahal di Indonesia

Rabu 09-10-2024,19:32 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:9 Rekomendasi Hotel Murah di Kota Batu, Harga Mulai Rp 100 Ribuan, Fasilitas AC hingga Restoran

4. Tangerang

Berbatasan langsung dengan Ibu Kota Jakarta, Tangerang merupakan kota terbesar di Provinsi Banten serta ketiga terbesar di kawasan Jabodetabek.
Total rata-rata pengeluaran per kapita di Tangerang adalah sebesar Rp 3.287.159. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp 12.491.204.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Hotel Murah di Surabaya, Cocok untuk Referensi Penginapan Liburan

5. Bekasi

Kota Bekasi, yang berada di sebelah timur Jakarta, juga mengalami pertumbuhan pesat dari segi populasi dan ekonomi.
Bekasi sering dianggap sebagai kota satelit bagi pekerja yang mencari hunian lebih murah dibandingkan Jakarta, tetapi tetap dengan akses yang dekat ke ibu kota.

Meski demikian, Bekasi kini menempati peringkat kedua dalam hal biaya hidup termahal, dengan rata-rata biaya hidup rumah tangga mencapai Rp14.335.418,26 per bulan.
Salah satu faktor yang membuat Bekasi mahal adalah Upah Minimum Kota (UMK) tertinggi di Jawa Barat, sebesar Rp5.343.430.

Biaya hidup di Bekasi dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan hunian, serta harga transportasi yang cukup tinggi karena banyaknya penduduk yang bekerja di Jakarta namun tinggal di Bekasi. Hal ini menambah beban biaya hidup sehari-hari.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Hotel Murah di Malang, Harga Cuma Rp 100 Ribuan Per Malam

6. Surabaya

Sebagai kota terbesar di Jawa Timur dan pusat ekonomi regional, Surabaya menempati peringkat ketiga dalam daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia.
Rata-rata biaya hidup rumah tangga di Surabaya mencapai Rp13.357.751,79per bulan, dengan UMK sebesar Rp4.725.479 pada tahun 2024.
Surabaya adalah pusat bisnis, perdagangan, dan pendidikan, yang membuat kota ini menjadi tujuan banyak pendatang dari daerah lain di Indonesia.
Faktor lain yang membuat biaya hidup di Surabaya cukup tinggi adalah infrastruktur yang berkembang pesat, serta harga properti yang meningkat di berbagai area strategis kota ini.
Kenaikan harga barang-barang konsumsi dan layanan juga turut berkontribusi terhadap tingginya biaya hidup di Surabaya.

BACA JUGA:Rekomendasi Hotel Murah di Kabupaten Bogor, Cocok untuk yang Berkantong Tipis

7. Metro

Merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Lampung, Indonesia yang berjarak sekitar 52 km dari Kota Bandar Lampung. 

Berdasarkan survei biaya hidup BPS 2018 lalu, total rata-rata pengeluaran per kapita di kota Metro adalah sebesar Rp 3.217.451. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp 12.226.313.

BACA JUGA:Rekomendasi Hotel Murah di Kabupaten Bekasi Lengkap dengan Fasilitasnya, Harga Mulai Rp 150 Ribu

8. Serang

Total rata-rata pengeluaran per kapita di Kota Serang, Banten adalah sebesar Rp 3.178.430. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp 13.031.561.

9. Banjarmasin

Kota Banjarmasin adalah sebuah kotamadya yang juga merupakan Ibu Kota dari Provinsi Kalimantan Selatan. Total rata-rata pengeluaran per kapita di Kota Banjarmasin adalah sebesar Rp 3.168.097. Sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp 12.038.769.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Hotel Murah di Kabupaten Bandung Barat, Dekat dengan Destinasi Wisata

Demikianlah ulasan mengenai kota biaya hidup termahal di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Kategori :