Tak Semua Kebagian, Begini Cara Daftar Bansos Secara Online, Ini Syaratnya

Kamis 10-10-2024,14:05 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

5. Penanggulangan Kemiskinan

Tujuan bansos sebagai penanggulangan kemiskinan memiliki arti bahwa bansos merupakan kebijakan, program, kegiatan, dan sub kegiatan yang dilakukan terhadap orang, keluarga, kelompok masyarakat yang tidak mempunyai atau mempunyai sumber mata pencaharian dan tidak dapat memenuhi kebutuhan yang layak bagi kemanusiaan.

6. Penanggulangan Bencana

Terakhir, pemberian bansos bertujuan untuk penanggulangan bencana merupakan serangkaian upaya yang ditujukan untuk rehabilitasi.

BACA JUGA:Sakit Hati Dipaksa Bercerai, Mantan Istri Siri Ini Gelap Mata Tega Bunuh Istri Tua Pakai Tali Plastik

Dari tujuan bansos tersebut, jika dilihat secara umum bansos dibedakan menjadi tiga jenis. Antara lain sebagai berikut:

1. Bantuan Sosial Berupa Uang

Bantuan sosial berupa uang diberikan secara langsung kepada penerima seperti beasiswa bagi anak miskin, yayasan pengelola yatim piatu, nelayan miskin, masyarakat lanjut usia, terlantar, cacat berat dan tunjangan kesehatan putra putri pahlawan yang tidak mampu. Bantuan jenis ini dapat diberikan secara tunai maupun non tunai.

2. Bantuan Sosial Berupa Barang

Bantuan sosial berupa barang adalah barang yang diberikan secara langsung kepada penerima seperti bantuan kendaraan operasional untuk sekolah luar biasa swasta dan masyarakat tidak mampu, bantuan perahu untuk nelayan miskin, bantuan makanan/pakaian kepada yatim piatu/tuna sosial, ternak bagi kelompok masyarakat kurang mampu

BACA JUGA:Misterius, Dimana Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang Hilang Bak Ditelan Bumi Pasca OTT KPK

3. Bantuan Sosial Berupa Jasa

Bantuan sosial berupa jasa disalurkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Contoh bantuan berupa jasa adalah pemberian pelatihan untuk penerima bantuan dari satuan kerja (pemberi bansos).

Demikianlah informasi mengenai cara daftar bansos online 2024 lewat HP yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Nutri Septiana

Kategori :