Tak Semua Kebagian, Begini Cara Daftar Bansos Secara Online, Ini Syaratnya

Kamis 10-10-2024,14:05 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

3. Masukkan nama lengkap sesuai KTP.

4. Masukkan kode verifikasi yang tampil di layar.

5. Klik tombol CARI DATA, dan kamu bisa melihat status pendaftaran bansos kamu.

BACA JUGA:Sudah Cair! Begini Cara Cek Penerima Bansos BPNT Kemensos Oktober 2024

Sementara itu, berdasarkan Permendagri Nomor 77 Tahun 2020, pemberi bansos adalah Satuan Kerja pada kementerian atau lembaga pada Pemerintah Pusat dan/atau Satuan Kerja Perangkat Daerah pada Pemerintah Daerah yang tugas dan fungsinya melaksanakan program penanggulangan kemiskinan yang meliputi perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, dan pelayanan dasar.

Selaras dengan namanya, pemberian bansos bertujuan untuk mengatasi hal-hal yang berkaitan dengan risiko sosial. Berikut enam tujuan bansos:

1. Rehabilitasi Sosial

Bansos bertujuan untuk memulihkan dan mengembangkan kemampuan seseorang yang mengalami disfungsi sosial agar dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar.

BACA JUGA:Diduga Sodomi Anak Bawah Umur, Buruh Serabutan Diterkam Resmob Macan Gading Polresta Bengkulu

2. Perlindungan Sosial

Tujuan selanjutnya adalah untuk mencegah dan menangani risiko dari guncangan dan kerentanan sosial seseorang, keluarga, kelompok masyarakat agar kelangsungan hidupnya dapat dipenuhi sesuai dengan kebutuhan dasar minimal.

3. Pemberdayaan Sosial

Bansos juga bertujuan sebagai pemberdayaan sosial, yakni untuk menjadikan seseorang atau kelompok masyarakat yang mengalami masalah sosial mempunyai daya, sehingga mampu memenuhi kebutuhan dasarnya.

4. Jaminan Sosial

Bansos sebagai jaminan sosial merupakan skema yang melembaga untuk menjamin penerima bantuan agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak.

BACA JUGA:KPU Seluma Cetak 161.276 Lembar Surat Suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024

Kategori :