9 Tanda Kematian Menurut Islam, Ketahui jika Tanda-tanda Itu Telah Datang

Minggu 13-10-2024,19:36 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Pahami 9 tanda kematian menurut Islam untuk menghadapi ajal dengan iman dan ketentraman.

Kematian adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami fase akhir ini.

Namun, kapan dan bagaimana kematian itu akan datang adalah hal yang menjadi misteri, hanya diketahui oleh Allah SWT. 

BACA JUGA:Menilik Sejarah Kerajaan Wengker, Ini Sosok Bhre Wengker Sang Pemilik Tahta Istana Timur Majapahit

Kematian adalah misteri ilahi yang hanya diketahui oleh Allah SWT. Ini telah tercantum dalam Surah Luqman ayat 34 yang berbunyi:

اِنَّ اللّٰهَ عِنْدَهٗ عِلْمُ السَّاعَةِۚ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَۚ وَيَعْلَمُ مَا فِى الْاَرْحَامِۗ وَمَا تَدْرِيْ نَفْسٌ مَّاذَا تَكْسِبُ غَدًاۗ وَمَا تَدْرِيْ نَفْسٌۢ بِاَيِّ اَرْضٍ تَمُوْتُۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ 

Arti: "Sesungguhnya Allah memiliki pengetahuan tentang hari Kiamat, menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dia kerjakan besok. (Begitu pula,) tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti."

BACA JUGA:Nasib Kakek Sebatang Kara yang Ditolak Jual TV ke Bank Keliling, Justru Diberi Rp 6 Juta untuk Berobat

Sebagaimana tertuang dalam ayat tersebut, pengetahuan tentang waktu dan tempat kematian sepenuhnya berada di tangan Allah. Hal ini menekankan betapa kecil dan terbatasnya pemahaman manusia dibandingkan dengan kebijaksanaan dan ilmu Allah. 

Dalam konteks ini, Islam mengajarkan agar kita selalu bersiap menghadapi kematian dengan cara beramal saleh dan memperbanyak ibadah.

Tanda-Tanda Menjelang Kematian

Menurut ajaran Islam, Allah SWT memberikan beberapa tanda sebelum seseorang menghadapi ajal. Tanda-tanda ini bisa menjadi pertanda bagi orang-orang terdekat agar mereka dapat mempersiapkan diri, baik secara spiritual maupun emosional. 

BACA JUGA:Begini Firasat Kematian untuk Diri Sendiri Menurut Kajian Psikologis dan Medis

Imam Al-Ghazali, dalam karya-karyanya, mencatat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang mendekati akhir hayatnya. Tanda-tanda ini tidak selalu sama untuk setiap individu, namun umumnya dapat diamati dan dirasakan:

1. Munculnya Hawa Sejuk

Tanda pertama yang dapat dirasakan adalah munculnya hawa sejuk di bagian pusar, yang kemudian turun ke pinggang dan kembali naik ke daerah leher. 

Keluarga terdekat sering kali dapat merasakan hawa ini ketika menempelkan tangan di perut orang yang akan meninggal. Saat tanda ini muncul, dianjurkan untuk memperbanyak zikir dan istigfar.

2. Tubuh Menggigil

Kategori :