Dahsyatnya Manfaat Ampas Kopi, Bisa Jadi Pupuk Hingga Kesehatan Kulit, Yuk Ketahui Apa Saja

Rabu 16-10-2024,21:35 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Dahsyatnya manfaat ampas-kopi, bisa jadi pupuk hingga kesehatan kulit, yuk ketahui apa saja.

Bagi para pencinta minuman pahit ini cenderung lebih suka membuat kopi sendiri agar bisa menyesuaikan takaran gula dan kopinya. Kopi yang biasanya digunakan pun yang menyisakan ampas.

Memanfaatkan ampas kopi bukan hanya tentang mengurangi limbah, tapi juga mengubahnya menjadi sumber daya yang berdampak positif lingkungan.

BACA JUGA:Manfaat Ampas Kopi Untuk Kesuburan Tanaman, Begini 6 Cara Menggunakannya

Manfaat Ampas Kopi

Dilansir dari Healthline dan Medical News Today, berikut sederet manfaat ampas kopi.

1. Pupuk taman

Ampas kopi bisa menjadi pupuk bagus. Ini karena ampas kopi mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Mereka juga dapat membantu menarik cacing dan menurunkan konsentrasi logam berat di dalam tanah.

2. Kompos

Menambahkan kompos ke taman Anda bisa meningkatkan kesehatan tanaman tersebut secara signifikan. Dengan menggunakan ampas kopi, Anda dapat membantu meningkatkan kadar nutrisi dan mengurangi emisi gas rumah kaca dari kompos Anda.

3. Mengusir serangga dan hama

Ampas kopi mengandung senyawa beracun bagi banyak serangga. Anda bisa menggunakan ampas kopi untuk mengusir nyamuk, lalat buah, kumbang, dan hama lainnya.

BACA JUGA:Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Tak Terduga Ampas Kopi yang Jarang Diketahui, Bisa Jadi Skincare

4. Menghapus kutu dari hewan peliharaan Anda

Seperti serangga lainnya, kutu juga tidak menyukai kopi. Maka memandikan hewan peliharaan Anda dengan ampas kopi bekas dapat membantu menjaganya.

Kategori :