Operasi Zebra 2024, Begini Cara Cek Kendaraan Kena Tilang ETLE

Jumat 18-10-2024,05:43 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMoperasi-zebra 2024, begini cara cek kendaraan kena tilang ETLE.

Dikutip dari situs resmi Korlantas Polri, operasi zebra 2024 digelar sebagai respons atas peningkatan signifikan dalam pelanggaran lalu lintas di Indonesia. Ini juga bertujuan untuk menekan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas.

Operasi tersebut akan berlangsung selama 14 hari, mulai tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024.

Seperti operasi lalu lintas lainnya, pada pelaksanaan operasi zebra ini, petugas akan memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan. 

BACA JUGA:10 Titik Lokasi Operasi Zebra Candi Oktober 2024 di Pekalongan, Hati-hati Kena Sanksi Jika Melanggar

Petugas juga akan memberikan teguran bagi pelanggar lalu lintas, khususnya pelanggaran yang sering kali menjadi penyebab kecelakaan seperti tidak memakai helm, melawan arus, serta melanggar batas kecepatan.

Sistem tilang elektronik (E-TLE) juga akan tetap berjalan selama periode ini untuk mendeteksi pelanggar oleh kamera pengawas. Selain itu, petugas akan melakukan tilang manual bagi pengendara yang melanggar.

BACA JUGA:7 Lokasi Razia Operasi Zebra Jaya 2024 di Tangerang Selatan, Jangan Kabur Saat Terjaring, Lakukan 8 Hal Ini

Penggunaan sistem E-TLE akan diperbanyak untuk menjangkau lebih banyak titik rawan pelanggaran. Langkah ini dilakukan untuk jumlah pelanggaran serta angka kecelakaan demi terciptanya kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas).

"Kepolisian mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Operasi Zebra 2024 dengan selalu mematuhi peraturan lalu lintas, baik saat ada operasi maupun di luar masa operasi. Tertib berlalu lintas tidak hanya untuk menghindari sanksi, tetapi lebih penting lagi untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya," jelas Kabagops Kombes Pol Aries Syahbudin.

BACA JUGA:11 Titik Lokasi Operasi Zebra Oktober 2024 di Kota Serang, 14 Jenis Pelanggaran Ini Jadi Sasaran Utama Polisi

Cara Cek Kendaraan Kena Tilang ETLE

Total ada 14 target yang menjadi sasaran dalam operasi zebra 2024 tahun ini, di antaranya:

• Memasang rotator dan sirene bukan peruntukan

• Penertiban ranmor memakai pelat rahasia atau pelat dinas

Kategori :