8 Pria yang Punya Istri Terbanyak di Dunia, 3 Diantaranya Berasal dari Indonesia

Senin 21-10-2024,13:49 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 8 daftar pria dengan istri terbanyak di dunia, ada yang menikah hingga 107 kali dan tiga diantaranya berasal dari Indonesia.
Poligami memang selalu menjadi perbincangan hangat dan perdebatan banyak orang, terutama kalangan perempuan.

BACA JUGA:Operasi Zebra 2024 Masih 6 Hari Lagi, Ini 5 Lokasi Razia Operasi Zebra 2024 di Jakarta Timur

Tidak sedikit yang berpikir jika seorang suami melakukan poligami tidak akan bisa bertindak adil terhadap para istri-istrinya.
Hal ini bisa terlihat dalam sejumlah kasus pernah terjadi dalam rumah tangga, diantaranya suami yang melakukan poligami berakhir dengan penceraian. 

Namun, ada pula beberapa suami yang mampu mematahkan anggapan yang menyebut bahwa rumah tangga dengan istri lebih dari satu rentan akan terjadinya permusuhan atau cekcok.
Bahkan mereka dikabarkan bisa hidup satu atap dan para istri bisa rukun hidup berdampingan.

BACA JUGA:Daftar Wamen Kabinet Prabowo-Gibran dengan Background Pengusaha, Ada Paman Nagita Slavina

8 Pria yang Punya Istri Terbanyak di Dunia

1. Otong Gunawan

Otong Gunawan adalah lelaki kelahiran Bekasi, Jawa Barat, 16 Juni 1949. Otong Gunawan mengaku pernah menikahi 37 orang wanita sepanjang hidupnya.
Dia mendapat julukan Raja Poligami Indonesia. Namun sejak 2012, Otong Gunawan berhenti melakukan poligami lantaran penyakit diabetes yang dideritanya.

2. Winston Blackmore

Pemimpin keluarga Mormon raksasa di kota Bountiful, British Columbia, Winston Blackmore (64) diduga memiliki istri sebanyak 27 orang dan 150 anak.
Dengan banyaknya istri yang dimiliki, Blackmore tercatat sebagai keluarga poligami terbesar di Kanada.
Melansir China Press, Blackmore adalah seorang uskup dari gereja Mormon lokal. Para anggotanya adalah fundamentalis poligami dan pengikut Blackmore.

3.Warren Steed Jeffs

Warren Steed Jeffs adalah pimpinan dari salah satu kelompok gereja yang mempunyai julukan The Mormons di Las Vegas, Amerika Serikat.
Warren membenarkan bahwa poligami sah dilakukan bagi pengikutnya, padahal dalam agama Kristiani poligami merupakan tindakan yang dilarang.
Sebagai pemimpin suatu komunitas dan kekayaan yang besar hal yang mudah bagi Warren untuk melakukan poligami, bahkan ia dipercaya telah menikahi sekitar 80 orang wanita dan memiliki 250 anak.

4. Muhammad Bello Abu Bakar

Ia adalah warga asal negara Nigeria yang berprofesi sebagai tabib, dia juga kerap berseteru dengan otoritas keagamaan ditempat tinggalnya.
Bello Maasaba mempunyai istri sebanyak 107 istri dengan memiliki 170 anak. Tetapi sembilan diantara istrinya sudah meninggal dunia dan juga ada yang di ceraikan.
Bagi dia menikah adalah panggilan dan tugas dari Tuhan, dia tidak akan berhenti menikah sampai ajal menjemputnya.

5. Ziona Chana

Seorang pria asal Mizoram India, Ziona Chana (76) tercatat memiliki 39 istri. Chana merupakan pemimpin sekte agama yang mempraktikkan poligami dan dikenal sebagai kepala keluarga terbesar di dunia.
Total anggota keluarganya berkisar 167 orang. Saat terkonfirmasi meninggal dunia, Chana meninggalkan 39 istri, 98 anak, dan 36 cucu. 
Dikutip dari laman nasional.okezone.com, Chana memegang "rekor dunia" karena jumlah keluarganya yang begitu besar, namun tidak jelas rekor dunia mana yang dimaksud.
Keluarga tersebut juga dilaporkan pernah tampil dua kali dalam acara televisi populer “Ripley's Believe it or Not”. Konon, aturan yang memperbolehkan seorang laki-laki berpoligami datang dari kakek Chana pada tahun 1942.

6. Deta Raya

Usia tidak menjadi batasan untuk melakukan praktik poligami. Hal itu dialami oleh Deta Raya. Deta merupakan pria asal Sumba, NTT yang mempunyai istri sebanyak 12 orang meskipun usianya telah menginjak 72 tahun.
Memiliki 12 istri, 52 anak, dan 212 cucu, membuat Deta Raya bahagia. Pasalnya, ia mampu memenangkan pemilihan kepala desa Waiha periode 2009-2014 lalu dengan suara meyakinkan.

7. Eyang Subur

Eyang Subur merupakan seorang penasehat spiritual sekaligus pengusaha. Pria kelahiran Jombang Jawa Timur ini mulai dikenal setelah konfliknya dengan salah salah satu artis papan atas. Eyang Subur tercatat pernah menikah 25 kali. Namun saat ini, istrinya hanya tinggal 8 orang.

8. Brigham Young

Brigham Young adalah Presiden gereja Mormon. Dia mendirikan Salt Lake City di Utah dan menjabat sebagai wilayah gubernur pertama Utah.
Brigham telah menikahi 55 wanita, dan 54 di antaranya menjadi penganut Mormonisme. Pada saat tutup usia, ia telah menjadi ayah dari 56 anak.

BACA JUGA:Daftar Wamen Kabinet Prabowo-Gibran dengan Background Pengusaha, Ada Paman Nagita Slavina

Faktor yang bisa membuat seorang pria memutuskan untuk berpoligami, baik dari segi sosial, budaya, maupun pribadi. Berikut beberapa di antaranya:

Kategori :