Dabbah Binatang Aneh Pertanda Kiamat, Ini Bentuk dan Turunnya Menurut Ulama

Sabtu 29-04-2023,09:21 WIB
Reporter : Tim liputan

Pendapat terakhir menyebut bahwa dabbah adalah bakteri yang berbahaya dan jika terkena manusia maka akan mengalami penderitaan luar biasa. Bahkan, disebutkan bahwa bakteri tersebut mampu melukai hingga membuat manusia meninggal.

Jika dabbah melukai seseorang, maka dia membawa pesan berupa nasihat kepada manusia seandainya mereka memiliki hati yang bisa berpikir, sehingga mereka sadar untuk kembali kepada Allah, kepada agamanya dan menekan mereka untuk menerima hujah.

Pendapat terakhir ini merupakan pendapat yang dipegang oleh Abu Ubayyah dalam komentarnya terhadap kitab an-Nihayah/al-Fitan wal Malahim, karya Ibnu Katsir.

Seorang ilmuwan bernama Dr. Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al-Wabil yang memiliki karya Asyrathhus Sa'ah menegaskan bahwa dalam hadits yang shahih, Rasulullah SAW menyebutkan dabbah kelak datang dengan membawa cincin yang dikenakan Nabi Sulaiman dan tongkat dari Nabi Musa.

 

BACA JUGA:Kamar Digeledah, WBP Narkoba Dites Urine. Ini Hasil Razia Lapas

Munculnya Dabbah

 

Rasulullah SAW bersabda bahwa kemunculan dabbah merupakan pertanda bahwa kiamat sudah dekat. Dalil dalam Al-Qur'an juga menjelaskan kehadiran dabbah.

Allah SWT juga telah berfirman dalam Al-Qur'an surat An-Naml ayat 82

 

۞ وَإِذَا وَقَعَ ٱلْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَآبَّةً مِّنَ ٱلْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ ٱلنَّاسَ كَانُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَا لَا يُوقِنُونَ

 

Arab-Latin: Wa iżā waqa'al-qaulu 'alaihim akhrajnā lahum dābbatam minal-arḍi tukallimuhum annan-nāsa kānụ bi`āyātinā lā yụqinụn

Artinya:

"Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami."

Kategori :