Dabbah Binatang Aneh Pertanda Kiamat, Ini Bentuk dan Turunnya Menurut Ulama

Sabtu 29-04-2023,09:21 WIB
Reporter : Tim liputan

 

BACA JUGA:Pemutihan Pajak Kendaraan Kembali Dibuka, Catat Tanggal dan Syaratnya

Jika binatang langka (aneh) yang tidak pernah diketahui sebelumnya muncul di permukaan bumi, maka itu artinya kiamat sudah dekat.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, "Rasulullah SAW menyebutkan tiga perkara dan jika ketiganya tersebut sudah keluar maka segala tobat dan ampunan sudah tidak ada gunanya lagi. Sebab Allah SWT sudah mempersiapkan segalanya untuk hari perhitungan. Ketiga hal itu adalah terbitnya matahari dari arah barat, dabbah dan Dajjal." (HR. Muslim).

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW juga bersabda yang artinya, “Sesungguhnya tanda-tanda (kiamat) yang pertama kali muncul adalah terbitnya matahari dari barat dan keluarnya binatang kepada manusia pada waktu Duha. Mana saja yang lebih dahulu muncul, maka yang satunya akan terjadi setelahnya dalam waktu yang dekat." (HR. Muslim).

Ketika dabbah sudah keluar, disebutkan bahwa hewan ini akan berbicara dengan manusia. Konon, dabbah nantinya akan memberikan tanda pembeda antara orang yang beriman dan yang musyrik.

Disebutkan pula bahwa awal kemunculan dabbah yaitu dari Makkah yakni di masjid yang paling mulia. Sebagaimana hadis yang telah diriwayatkan oleh Majma'uz Zawaid Vii/7-8, dari Hudzaifah r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Dabbah akan keluar dari masjid yang paling besar, tatkala mereka (sedang duduk-duduk tiba-tiba bumi bergetar) ketika mereka sedang demikian tiba-tiba bumi terbelah."

 

Munculnya Dabbah di Sini

 

Mahir Ahmad Ash-Syufiy dalam bukunya yang berjudul Tanda Kiamat Besar menjelaskan beberapa hadits yang menjelaskan tempat munculnya dabbah.

Hudzaifah dan Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Kemudian ketika orang-orang tengah berada di masjid yang paling agung dan mulia di sisi Allah, yakni Masjidil Haram, Ad-Dabbah tidak membiarkan seorang pun di antara mereka seraya bersuara seperti unta di antara Rukun dan Maqam, sementara itu tanah jatuh bercucuran dari kepalanya. Melihatnya, sebagian besar orang serempak kocar-kacir melarikan diri darinya ..." (HR Hudzaifah)

BACA JUGA:Buka Gerai Mixue Ice Cream? Ini Modal dan Syaratnya

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas bahwa Ad-Dabbah muncul dari salah satu lembah Tuhamah.

Kategori :