Masyaallah, Ini 11 Gambaran Keindahan Surga, Nomor 7 Soal Sungai Dialiri Susu dan Anggur

Jumat 26-05-2023,11:59 WIB
Reporter : Tim

Gambaran surga adalah tempat orang-orang yang beriman akan bertemu dengan Allah dan merasakan kebahagiaan yang abadi sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surat al-Qiyamah ayat 22-23, berikut ini:

"Wajah-wajah (orang mukmin) pada hari itu berseri-seri. Memandang Tuhannya."

11. Surga Ada Burung-Burung Hijau

Gambaran surga adalah tempat dengan banyak burung-burung hijau.

Hadis riwayat Bukhari:

Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW bersabda, "Di surga ada burung hijau yang memiliki pipa (burung merak) yang sangat indah dan merdu. Setiap hari burung tersebut akan bernyanyi bagi pemiliknya."

Ayat Al-Qur'an tentang Sungai di Surga

Tentang keberadaan sungai di surga, Allah SWT berfirman dalam beberapa ayat Al-Qur'an

Surat Al Baqarah ayat 25

وَبَشِّرِ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ ۖ

Arab-Latin: Wa basysyirillażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti anna lahum jannātin tajrī min taḥtihal-an-hār,

Artinya: Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya.

Surat At Taubah ayat 100

وَٱلسَّٰبِقُونَ ٱلْأَوَّلُونَ مِنَ ٱلْمُهَٰجِرِينَ وَٱلْأَنصَارِ وَٱلَّذِينَ ٱتَّبَعُوهُم بِإِحْسَٰنٍ رَّضِىَ ٱللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا۟ عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّٰتٍ تَجْرِى تَحْتَهَا ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَآ أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ ٱلْفَوْزُ ٱلْعَظِيمُ

Arab-Latin: Was-sābiqụnal-awwalụna minal-muhājirīna wal-anṣāri wallażīnattaba'ụhum bi`iḥsānir raḍiyallāhu 'an-hum wa raḍụ 'an-hu wa a'adda lahum jannātin tajrī taḥtahal-an-hāru khālidīna fīhā abadā, żālikal-fauzul-'aẓīm

Artinya: Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.

Kategori :