Tersiksa karena Sakit Pinggang, Berikut Penyebab dan Cara Pengobatannya

Sabtu 03-06-2023,15:17 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

2. Akupuntur, untuk membantu meredakan nyeri

3. Manipulasi tulang belakang, untuk memperbaiki posisi tulang belakang dengan memberi pijatan dan tekanan pada punggung dan tulang belakang

4. Traksi, yaitu terapi dengan beban untuk memperbaiki posisi tulang belakang secara bertahap

5. Transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS), yaitu terapi listrik yang bertujuan untuk memblokir sinyal rasa sakit di sistem saraf

 

BACA JUGA:Menurut Primbon Jawa, 3 Tanggal Lahir Ini Tidak Cocok Jadi Pengusaha, Ini Penyebabnya

Sakit pinggang dapat menyebabkan sejumlah komplikasi berikut ini:

Gangguan beraktivitas

Sakit pinggang dapat membuat penderitanya tidak bisa beraktivitas, atau bahkan harus tirah baring (bedrest) untuk waktu yang lama. Tirah baring dalam jangka panjang ini dapat menimbulkan komplikasi baru, berupa deep vein thrombosis atau terbentuknya gumpalan darah pada pembuluh darah tungkai, serta otot menjadi lemah.

 

Sindrom cauda equina

Sindrom cauda equina terjadi ketika bantalan tulang belakang ujung akhir saraf tulang belakang. Akibatnya, penderita menjadi tidak mampu menahan buang air kecil dan buang air besar. Jika tidak ditangani, kondisi ini dapat mengakibatkan kerusakan saraf secara permanen.

 

Tergantung pada kondisi yang menyebabkan sakit pinggang, komplikasi lain juga bisa terjadi jika sakit pinggang tidak segera ditemukan dan ditangani.

 

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit pinggang, yaitu:

Kategori :