Iklan RBTV

3 Contoh Kalimat Permohonan Keringanan Pembayaran untuk DC Shopee, Dijamin Sopan

3 Contoh Kalimat Permohonan Keringanan Pembayaran untuk DC Shopee, Dijamin Sopan

Jangan Galbay biar Tidak Dikunjungi DC--

NASIONAL, RBTV.DISWAY.ID – Sopan santun mutlak dibutuhkan dalam proses penagihan utang oleh
debt collector di Indonesia.

Sebab, perilaku mereka diatur secara ketat oleh hukum dan regulasi, terutama oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA:Tindak Tegas!!! Wartawan di Bengkulu Selatan Jadi Sasaran Arogansi Oknum Kades

Meskipun menakutkan, kunjungan debt collector (DC) lapangan dari Shopee sebenarnya bisa dihindari.

Tujuan DC berkunjung ke rumah hanya untuk menagih utang debitur yang galbay secara langsung. Hal ini tidak dibenarkan jika ada DC yang menagih dengan menggunakan kalimat intimidasi dan jugamelakukan kekerasan fisik.

Tindakan yang tidak dibenarkan inilah yang menjadi ketakutan banyak debitur hingga ada yang mengalami tekanan mental.

BACA JUGA:Biar Ruangan Sejuk jangan Bikin Dompet Panas, Berikut 5 Rekomendasi AC yang Hemat Listrik!

Namun, tahukan Anda jika kunjungan DC lapangan sebenarnya bisa dihindari. Dalah satu cara yang baik adalah dengan mengirimkan pesan kepada perusahaan Shopee atau DC lapangan yang bersangkutan.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat sopan yang dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan DC Shopee untuk meminta perpanjangan waktu pembayaran, baik melalui chat WhatsApp, SMS, atau telepon.

Penting untuk diingat, bahwa komunikasi langsung dengan pihak Shopee untuk mengajukan restrukturisasi atau keringanan adalah cara yang disarankan, karena permohonan perpanjangan waktu tidak dapat dilakukan secara otomatis melalui aplikasi setelah jatuh tempo

BACA JUGA:Indeks Bisnis UMKM BRI Q3-2025: Ekspansi Berlanjut, Optimisme Pelaku Usaha Semakin Meningkat

Contoh Kalimat Formal dan Langsung

Anda bisa menggunakan format ini untuk kesan yang paling profesional:

Kepada Yth. Bapak/Ibu (Nama Petugas, jika tahu),

Saya (Nama Anda) dengan nomor pesanan/akun (Sebutkan nomor pesanan/akun). Melalui pesan ini, saya ingin menginformasikan bahwa saya menghadapi kendala keuangan yang tidak terduga, sehingga saya belum dapat melunasi tagihan SPayLater/SPinjam yang jatuh tempo pada (Tanggal Jatuh Tempo Asli). 

Saya bermaksud baik dan berkomitmen penuh untuk menyelesaikan kewajiban saya. Oleh karena itu, saya memohon kebijakan Bapak/Ibu untuk memberikan perpanjangan waktu pembayaran hingga tanggal (Tanggal Pembayaran yang Diusulkan). 

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: