Iklan dempo dalam berita

Bagian Tubuh Kita yang Pertama Kali Bersaksi Kepada Allah SWT Saat Hari Hisab Ternyata Ini

Bagian Tubuh Kita yang Pertama Kali Bersaksi Kepada Allah SWT Saat Hari Hisab Ternyata Ini

Ilustrasi. gambaran hari perhitungan amal dan dosa--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kelak di akhirat anggota badan kita akan memberikan persaksian terhadap apa yang telah kita lakukan di dunia. 

Allah SWT akan menjadikan anggota badan kita bisa berbicara untuk memberikan persaksian. Ketika itu kita tidak bisa lagi mengelak untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah kita kerjakan semasa hidup.

 

Allah SWT berfirman:

 

الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَى أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

 

“Pada hari ini Kami tutup mulut mereka. Dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan” (QS. Yasin: 65). 

 

Manusia akan dikumpulkan di Padang Mahsyar usai hari kebangkitan untuk dilakukan hisab. Semua anggota tubuh disebut akan memberikan kesaksian atas perbuatan semasa di dunia, dua di antaranya akan menjadi yang pertama kali bersaksi.

BACA JUGA:Manusia Seperti Ini Tidak akan Bertemu dengan Kiamat

Disebutkan dalam Kitab At-Tadzkirah karya Imam Syamsuddin Al-Qurthubi, anggota tubuh yang pertama kali bersaksi saat hari hisab adalah paha dan telapak tangan. Hal ini bersandar pada hadits yang diriwayatkan dari Hakim bin Mu'awiyyah dari ayahnya bahwa Nabi SAW bersabda,

“Pada hari kiamat, kalian akan datang. Mulut-mulut kalian akan tertutup oleh penapis (saringan). Bagian tubuh dari manusia yang pertama kali bicara adalah paha dan telapak tangannya." (HR Ahmad, Thabrani, dan Hakim).

Imam Syamsuddin Al-Qurthubi menjelaskan, hadits tersebut mengandung dua pengertian mengapa paha dan telapak tangan yang akan pertama kali bersaksi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: