Iklan dempo dalam berita

Bagian Tubuh Kita yang Pertama Kali Bersaksi Kepada Allah SWT Saat Hari Hisab Ternyata Ini

Bagian Tubuh Kita yang Pertama Kali Bersaksi Kepada Allah SWT Saat Hari Hisab Ternyata Ini

Ilustrasi. gambaran hari perhitungan amal dan dosa--

Pertama, ia menyebut, barangkali hal itu bertujuan agar orang tersebut semakin tampak keburukannya dan kehinaannya, di samping sudah ada buku catatan amal, sebagaimana firman Allah SWT,

 

BACA JUGA:Pesan Abu Nawas: Cantik atau Jelek, Semua Istri Sama

هٰذَا كِتٰبُنَا يَنْطِقُ عَلَيْكُمْ بِالْحَقِّ ۗاِنَّا كُنَّا نَسْتَنْسِخُ مَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ٢٩

 

Artinya: (Allah berfirman,) "Inilah Kitab (catatan) Kami yang menuturkan kepadamu dengan hak. Sesungguhnya Kami telah menyuruh mencatat apa yang telah kamu kerjakan." (QS Al Jasiyah: 29)

 

Kedua, kata Imam Syamsuddin Al-Qurthubi, barangkali pembicaraan anggota-anggota tubuh itu berlaku pada orang yang semula disuruh membaca buku catatan amalnya, lalu dia tidak mengakui apa yang dituturkan oleh buku itu, bahkan mengingkarinya.

 

Menurut Imam Syamsuddin Al-Qurthubi, pendapat yang kedua ini lebih nyata dibandingkan yang pertama. Sebab, hal ini didukung dengan kabar bahwa mereka kelak akan berkata kepada kulit mereka, atau menurut Zaid bin Aslam kepada kemaluan mereka.

 

BACA JUGA:Abu Nawas Dirampok, Namun Tetap Untung

Kesaksian para anggota tubuh manusia saat hari hisab ini turut dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik RA sebagaimana dinukil Mahir Ahmad Ash-Shufiy dalam Al-Mizan Ash-Shuhuf Ash-Shirath Anwa'usy Syafa'at.

 

Anas bin Malik RA menceritakan, sewaktu mereka sedang bersama Rasulullah SAW, tiba-tiba beliau tertawa. Lalu, beliau bertanya, "Apakah kalian mengetahui apa yang membuatku tertawa?" Anas bin Malik RA dan para sahabat menjawab, "Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahuinya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: