Iklan dempo dalam berita

Realisasi KUR di Bengkulu Masih Rendah, Baru Rp937,7 Miliar

Realisasi KUR di Bengkulu Masih Rendah, Baru Rp937,7 Miliar

Realisasi KUR di Bengkulu Masih Rendah, Baru Rp937,7 Miliar--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Berdasarkan rilis dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan ( DJPB) Bengkulu, realisasi KUR di Provinsi Bengkulu masih rendah. Hingga Mei 2023 baru terealisasi Rp937,7 miliar.

Realisasi ini lebih rendah 50 persen dari tahun lalu. Padahal alokasi KUR tahun 2023 Provinsi Bengkulu meningkat. 

BACA JUGA:Masyaallah, 11 Sahabat Nabi Ini Dijamin Masuk Surga

Tertinggi dari Kabupaten Mukomuko yang mencapai Rp190 juta. Lalu Bengkulu Utara Rp177 juta dan Kota Bengkulu Rp163 juta. 

Realisasi pinjaman mikro atau di bawah Rp100 juta masih rendah. Sedangkan untuk realisasi pinjaman super mikro, atau pinjaman di bawah Rp10 juta realisasinya tinggi, meski regulasinya sama bebas agunan.

Kakanwil DJPB Bengkulu Bayu Ady Prasetya mengatakan, karena regulasi terbaru, pengawasan pinjaman mikro lebih ketat, yakni bebas dari agunan. 

BACA JUGA:Ini Dia Pemenang The 14th Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AHSRIC) 2023

Sehingga banyak perbankan yang masih khawatir untuk menyalurkan. Padahal ada sanksi yang diberikan kepada perbankan, jika tidak menyalurkan pinjaman mikro. Yakni tidak dibayarkannya biaya pinjaman sebesar 6 persen dari Kementerian Keuangan. 

Namun Kakanwil berpesan, agar regulasi tersebut tidak menjadi penghambat penyaluran KUR ke masyarakat. Karena jika tidak terealisasi, alokasi di tahun berikutnya akan dikurangi. 

“Ini memang sejak awal tahun, kan ada perubahan regulasi dari bulan Januari. Karena ini sedikit berbeda dengan pengaturan di tahun 2022 kemarin mengenai jenjang bunganya, persyaratannya. Sekarangkan sedikit berbeda dengan tahun lalu,” ujar Kakanwil DJPB Bengkulu Bayu Ady Prasetya (15/6).

Siska Harliana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: