Iklan dempo dalam berita

Masyaallah Amalan Ini, Ibadah Haji Diterima Walaupun Tidak Sampai ke Tanah Suci

Masyaallah Amalan Ini, Ibadah Haji Diterima Walaupun Tidak Sampai ke Tanah Suci

Amalan menunaikan ibadah haji--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Seorang tukang sol sepatu di Kota Damaskus diterima ibadah hajinya dan menjadi haji mabrur meski ia tidak berangkat ke Tanah Suci. Kabar ini membuat hati ulama besar sekaligus ahli hadis, Abdurrahman Abdullah bin Al Mubarak bergetar. 

Lantas, apa yang membuat tukang sol sepatu itu diterima ibadah haji padahal belum ke Tanah Suci? Simak kisah selengkapnya berikut ini.

Dikisahkan, pada suatu hari Abdurrahman Abdullah bin Al Mubarak beristirahat dan tertidur setelah menjalani ritual ibadah haji. Dalam tidurnya ia bermimpi melihat dua malaikat yang sedang membicarakan haji. Percakapan demi percakapan pun ia dengarkan.

“Berapa orang yang datang tahun ini untuk berhaji?" tanya salah satu malaikat kepada malaikat lainnya seperti dikutip dari situs Kemenag.

BACA JUGA:Kisah Haji Syekh Abdullah bin Mubarak, Bantu Keluarga Makan Bangkai, Ibadah Hajinya Digantikan Malaikat

“Enam ratus ribu jemaah," jawab malaikat yang ditanya.

“Berapa banyak dari mereka yang diterima ibadah hajinya?"

“Tidak satu pun."

Percakapan itu seketika membuat hati Abdullah Al Mubarak gemetar. Ia menangis karena perjuangan Jemaah haji yang datang dari berbagai belahan dunia sia-sia.

“Semua orang-orang ini telah datang dari belahan bumi yang jauh, dengan kesulitan yang besar dan keletihan di sepanjang perjalanan, berkelana menyusuri padang pasir yang luas, dan semua usaha mereka menjadi sia-sia?” pikirnya.

Abdullah Al Mubarak kembali mendengarkan percakapan dua malaikat berikutnya. 

Malaikat mengatakan, ada hamba Allah yang tidak datang menunaikan ibadah haji tetapi ibadah hajinya diterima dan seluruh dosanya telah diampuni. Berkat dia seluruh ibadah haji mereka diterima oleh Allah.

“Kenapa bisa begitu?" tanya malaikat yang satunya.

“Itu kehendak Allah,” jawabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: