Iklan dempo dalam berita

Kisah Juhainah, Manusia Terakhir di Neraka, Diperintahkan Masuk Surga Namun Mengira Surga Sudah Penuh

Kisah Juhainah, Manusia Terakhir di Neraka, Diperintahkan Masuk Surga Namun Mengira Surga Sudah Penuh

Kisah manusia terakhir penghuni neraka--

Lantas, siapa sosok Juhainah yang dikeluarkan terakhir dari neraka dan masuk surga?

Tentang orang yang terakhir keluar dari neraka dan masuk surga telah diungkap dalam hadis nabi riwayat Imam Muslim. 

 

Sungguh ‘Aku tahu seorang penduduk neraka yang paling akhir keluar darinya, seorang penduduk surga yang paling akhir masuk ke dalamnya. Dialah seorang lelaki yang keluar dari neraka dengan merangkak. Maka, Allah berkata kepadanya, ‘Pergilah, masuklah engkau ke dalam surga’. Lalu dia mendatangi surga, namun dikhayalkan kepadanya bahwa surga telah penuh.

 

BACA JUGA:Benarkah Bumi Indonesia Menyimpan Emas Soekarno yang Masih Terkubur?

Maka, dia kembali seraya berkata, ‘Wahai Rabb-ku, aku mendapati surga telah penuh’. Allah tabaroka wa ta’ala berkata kepadanya, ‘Pergilah, masuklah engkau ke dalam surga!’. Sekali lagi dia mendatangi surga, namun kembali dikhayalkan bahwa surga telah penuh. Dia pun kembali seraya berkata, ‘Wahai Rabb-ku, aku mendapati surga telah penuh’.

 

Allah Swt berkata lagi kepadanya, ‘Pergilah, masuklah ke dalam surga! Sesungguhnya engkau memiliki semisal dunia dan sepuluh kalinya, atau engkau memiliki sepuluh kali dunia’. Nabi Saw bersabda, ‘Laki-laki itu berkata, ‘Apakah Engkau memperolok-olok aku, padahal Engkau adalah Raja?

 

BACA JUGA:Lima Wilayah di Jawa, Sumatera dan Sulawesi yang Diyakini Menyimpan Harta Qarun

Abdullâh bin Mas’ûd r.a berkata, ‘Aku melihat Rasulullâh Saw tertawa sampai nampak gigi gerahamnya. Orang ini adalah penduduk surga yang paling rendah derajatnya’. (H.R. Muslim).

 

Berdasarkan hadis di atas, Rasulullah SAW memang tidak menyebutkan nama dan asalnya. Namun, dalam hadis lain disebutkan bahwa orang yang terakhir keluar dari neraka adalah dari suku Juhainah dan namanya dipanggil Juhainah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: