Iklan dempo dalam berita

Kasus TKI Bermasalah di Luar Negeri Tinggi, BP2MI Palembang Turun ke Seluma

Kasus TKI Bermasalah di Luar Negeri Tinggi, BP2MI Palembang Turun ke Seluma

RbtvCamkoha - Kabupaten Seluma menjadi salah satu daerah yang masuk dalam daftar terbanyak kasus menonjol pada TKI/PMI di luar negeri.

Untuk menekan tingginya kasus serupa yang menyeret para TKI/PMI bermasalah di luar, Unit Pelaksana Teknis Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Palembang, Selasa siang (20/9) memberikan sosialisasi terhadap sejumlah Kepala Desa/Lurah, tokoh masyarakat dan melibatkan KNPI Kabupaten Seluma.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Seluma Rosdiana mengatakan turunnya BP2MI Palembang ke Kabupaten Seluma ini, salah satunya memberikan arahan dan petunjuknya kepada Kades/Lurah yang kerap menerbitkan surat pengantar bagi calon TKI/PMI yang akan berangkat ke luar negeri ke perusahaan jasa pemberangkatan calon TKI/PMI ke luar negeri.

\"Iya BP2MI Palembang turun ke Seluma sebagai langkah menekan kasus TKI/PMI Ilegal yang banyak bermasalah hukum di luar negeri, seperti TKI/PMI di Taiwan terkait kasus pembunuhan yang lalu,\" ujar Rosdiana.

Perwakilan BP2MI Palembang, Sri Haryanti mengatakan pihaknya berencana akan melaksanakan penandatanganan MOU dengan Pemkab Seluma, agar kedepannya diadakan penyuluhan dan pelatihan bagi calon TKI/PMI.

Pihaknya juga menyarankan bagi para calon TKI/PMI untuk mendaftarkan diri secara prosedural, agar tidak menyulitkan hidupnya di luar negeri dikemudian hari.

\"Ikuti prosedur yang ada, agar legalitas calon TKI/PMI nantinya mendapat kemudahan dari pemerintah dalam proses administrasi di luar negeri, kita juga berharap nantinya diadakan MOU dengan Pemkab Seluma dalam hal pelatihan, penyuluhan dan lainnya,\" ujar Sri Haryanti.

SAKSIKAN SELENGKAPNYA DI LAPORAN DAERAH RBTV

(Hari Adiyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: