Iklan dempo dalam berita

Nyaman Berkendara, Ini 7 Tips Penggunaan Motor Kopling

Nyaman Berkendara, Ini 7 Tips Penggunaan Motor Kopling

Nyaman Berkendara, Ini 7 Tips Penggunaan Motor Kopling--

Satu hal yang menjadi keunggulan dari sepeda motor kopling adalah Engine Brake. Engine Brake merupakan sebuah  pengereman yang terjadi karena mesin, transmisi yang bekerja di dalam mesin sepeda motor saat kita melepas tuas gas.

Dalam kecepatan tinggi Engine Brake membantu kita untuk melakukan pengereman. Kesalahan yang sering terjadi pada pengendara pemula adalah saat ingin melakukan pengereman pada kecepatan tinggi, mereka juga menekan tuas kopling. Hal tersebut sangat membahayakan. Oleh karena itu, biasakan gunakan kopling atau menarik tuas kopling saat mau berhenti atau dalam kecepatan kecil.

 

BACA JUGA:Identifikasi Kerusakan Pada Busi dari Astra Motor

 

5.Latih Perpindahan Kopling Di Torsi Yang Optimal :

 

Perpindahan gigi ada baiknya dilakukan pada putaran mesin di sekitar 2300 – 2500 rpm. Jadi yang dimaksud optimal bukan dalam perpindahan tinggi yang optimal. Namun putaran mesin di sekitar 2300 – 2500 rpm bukan menjadi patokan ya, biasakan mengambil rpm terendah karena jenis sepeda motor kopling pasti berbeda-beda.

 

6.Perhatikan Penggunaan Gas :

 

Penggunaan gas pada sepeda motor kopling juga perlu diperhatikan. Saat motor baru berjalan dari kondisi berhenti kemudian sudah mulai berjalan dengan baik, ada baiknya jika kita menambah gas secara perlahan – lahan, jangan langsung hentak gas ke posisi terbuka. Hal ini dilakukan untuk menghindari sepeda motor menghentak keras.

 

7.Pelajari Terus Cara Berkendara Yang Aman :

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: