Iklan dempo dalam berita

Karomah Mbah Wahab Hasbullah, Begal Lumpuh Hanya dengan Satu Tepukan

Karomah Mbah Wahab Hasbullah, Begal Lumpuh Hanya dengan Satu Tepukan

Karomah Mbah Wahab Hasbullah, Begal Lumpuh Hanya dengan Satu Tepukan--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - KH Abdul Wahab Hasbullah adalah tokoh penting Nahdlatul Ulama (NU) selain Hadratus Syekh KH Hasyim Asy’ari. Kiai wahab, demikian disapa, merupakan salah satu pendiri NU. Organisasi Islam ini berdiri pada 16 Rajab 1344 H atau 31 Januari 1926 di Surabaya, Jawa Timur.

 

BACA JUGA:100 Pasukan Lumpuh Seketika Saat Hendak Menyerang, Inilah Kehebatan Karomah Sunan Gunung Jati

 

Kiai Wahab lahir di Jombang, Jawa Timur pada 31 Maret 1888. Ia putra dari pengasuh Pesantren Tambakberas Jombang KH Hasbullah Said dan Nyai Latifah.

 

Perjalanan menuntut ilmunya dimulai dari sang ayah. Kemudian ia melanglang buana ke berbagai pondok pesantren di Langitan, Mojosari, Tawangsari, Bangkalan, dan Tebuireng. Pendidikannya ia lanjutnya sampai negeri Makkah.

 

BACA JUGA:Karomah Dahsyat Sunan Ampel, Menghidupkan Orang Mati Hingga Berjalan di Atas Air

 

Di Tanah Suci ia berguru kepada Syekh Mahfudz At-Tarmasi, Ahmad Khatib Minangkabawi, Syekh Baqir al-Jugjawi, Kyai Muhtarom Banyumas, Kiai Asy’ari Bawean, dan Syekh Said Al-Yamani. Selama belajar di Makkah, ia tetap memperhatikan perkembangan politik nasional di Tanah Air.

 

Sepulangnya menuntut ilmu dari Makkah pada 1914, Kiai Wahab tidak langsung menetap di Tambakberas. Ia tinggal di rumah mertuanya, Haji Musa di Kampung Kertopaten, Surabaya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: